Kris Wiluan, Entrepreneur of The Year 2009

Kris Wiluan, Entrepreneur of The Year 2009

Kris Wiluan, Entrepreneur of The Year 2009

Kris Wiluan, Entrepreneur of The Year 2009

Ernst & Young Indonesia menobatkan Presiden PT Citra Tubindo Tbk. Kris Taenar Wiluan sebagai Entrepreneur of The Year 2009, Rabu (18/11). Kris menyisihkan sembilan finalis lainnya dalam ajang penghargaan bertema Turning Vision Into Reality itu.

Pemilihan Kris tersebut cukup beralasan. Pasalnya, dia dianggap sukses membangun visi perusahaan Citra Mas Group menjadi kekuatan yang mampu bersaing secara global, bahkan usahanya merambah hingga Eropa ketika mengakuisisi Atlantik Oilfield Service dari Norwegia pada 2007 lalu.

Saat memberikan sambutan, Kris mengatakan penghargaan itu untuk seluruh pihak di PT Citra Tubindo Tbk. yang telah membagun usaha sejak 30 tahun silam. âIni jalan yang sangat-sangat panjang hingga seperti ini,â ujarnya.

Kris mengungkapkan, saat ini salah satu konsentrasi usahanya ada di Eropa, tepatnya di Laut Utara. Kris mengaku mendapat kepercayaan membangun rig dan kincir di lautan sebelah utara Inggris itu.

Meski disibukkan dengan segala kegiatan usahanya, dewan juri juga melihat kiprah Kris di bidang lain. Juri mencermati Kris yang masih sempat mendorong dunia pendidikan dengan aktivitasnya sebagai sponsor berbagai perguruan tinggi di Sumatera dan Politeknik Batam.

Pemilihan Kris sebagai sebagai Entrepreneur of The Year 2009 itu dilakukan oleh dewan juri yang tergabung dalam tim panel. Mereka terdiri dari Peter B. Stok (Komisaris Utama PT BNI Tbk.), Mien R. Uno (pakar kepribadian), Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), Haryanto Adikoesoemo (Dirut PT AKR Corporindo Tbk.), serta Ito Warsito (Dirut PT BEI).

CEO Ernst &Young Indonesia, Giuseppe Nicolosi, mengatakan, tahun ini pihaknya mengantongi 60 nominasi. Namun setelah diseleksi, menyusut menjadi 13 finalis saja. Dia mengharapkan setiap finalis adalah teladan bagi pengusaha.

Menurut Nicolosi, para finalis ini adalah individu yang luar biasa bagi perekonomian Indonesia. Dia menambahkan, para finalis bukan hanya orang yang jagoan di bidang bisnis, namun juga memiliki aktivitas lain seperti dalam bidang pendidikan kewirausahaan, memperkuat kegiatan wirausaha, aktif dalam kegiatan amal, penggalangan dana dan pekerjaan di bidang pengembangan masyarakat. âDi antara mereka juga concern pada persoalan budaya dan lingkungan,â urainya.

Kris Wiluan, Entrepreneur of The Year 2009 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *