Suriya, Bawa Kelurahan Ekorlubuk Terbaik di Padangpanjang

Suriya, Bawa Kelurahan Ekorlubuk Terbaik di Padangpanjang

Suriya, Bawa Kelurahan Ekorlubuk Terbaik di Padangpanjang

Suriya, Bawa Kelurahan Ekorlubuk Terbaik di Padangpanjang

Minggu, 18 Desember 2011 09:25

Bersama, tak ada yang tak bisa. Itulah kata kunci Lurah Ekorlubuk, Suriya dalam memajukan daerahnya, hingga menjadi kelurahan terbaik di Kota Padangpanjang. Bagaimana kiatnya?

Sejak berakhir masa jabatan sebagai Kasubag Media Penerangan Humas di Setko Padangpanjang, Suriya dipercaya menjadi lurah Ekorlubuk. Oleh masyarakat Padangpanjang, karakter masyarakat kelurahan ini dikenal keras. Tak heran, banyak lurah hanya mampu bertahan paling lama setahun. Beda dengan Suriya, putra Silaiang yang juga bako Bukiksuruangan itu, mampu bertahan dua tahun dengan berbagai terobosan.

Suriya sukses mengangkat kesejahteraan masyarakat dan menata daerah ini. Dulu, kepedulian masyarakat daerah ini sangat rendah terhadap lingkungan sosial dan ekonomi. Penduduk Ekorlubuk seolah hidup terpisah dari desa lain. Kelurahan dengan luas 340 ha itu, terlihat semrawut. Pada awal masa jabatannya Oktober 2010, Suriya perlahan membuat terobosan membenahi Ekorlubuk.

Sebelum membenahi tatanan sosial masyarakat, dia membenahi mental aparatur kelurahan. Baginya, kunci sukses pembangunan kelurahan bergantung kemampuan aparatur. Jika mental aparaturnya labil, mustahil bisa mengajak masyarakat bahu membahu membenahi nagari. âSebelum membenahi ke luar, yang paling utama benahi aparatur kita sendiri. Karena itu, di awal masa jabatan saya di Ekorlubuk, pembenahan aparatur paling utama,â ungkap Suriya kepada Padang Ekspres.

Untuk membangun kelurahan, dia menggunakan prinsip transparansi, partisipasi dan efisiensi. Ketika pemerintah daerah di Sumbar masih berwacana menerapkan prinsip pemerintahan yang baik dan bersih, Suriya ternyata telah menerapkannya. Setiap kegiatan masyarakat, masyarakat itu sendiri diminta selaku pemeran utama. Dengan begitu, tertanam rasa memiliki oleh masyarakat untuk menjaga dan merawat pembangunan.

âDi awal menjabat, saya berupaya merangkul kelompok-kelompok pemuda dengan membenahi hall badminton sebagai sarana olahraga dan gedung serba guna. Selain itu, kegiatan gotong royong juga menjadi ajang membangun kebersamaan. Makanya, setiap kegiatan gotong royong, tidak hanya menuntut masyarakat, namun peran aktif pihak kelurahan di lapangan adalah yang paling saya tekankan,â ujarnya.

Begitu juga dalam menjalankan program pemerintahan, Suriya tidak berjalan sendiri. Seperti penyaluran dana pemerintah untuk peningkatan ekonomi masyarakat, Suriya selalu melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam pengawasannya. âIni yang namanya transparansi. Sebelum menyalurkan pinjaman terhadap kelompok usaha atau masyarakat, kita menyikapinya dengan duduk semeja. Baik itu si penerima, ninik mamak dan kelompok kerja (pokja), sama-sama mendengarkan jumlah dan penggunaan dana tersebut,â ungkapnya.

Sehingga, berbagai kucuran pinjaman untuk peningkatan ekonomi masyarakat seperti dana kredit mikro nagari (KMN), tidak mengalami permasalahan dalam pengembaliannya. Dalam penyaluran, para tokoh dan ninik mamak ikut mengawasi anak kemanakannya.

Cara yang sama juga diterapkan terhadap dana bantuan untuk pembangunan fisik. Pihak kelurahan hanya bertindak selaku pengawas. Sedangkan proses penyelenggaraan pembangunan, seperti dana dan pengerjaan, Suriya menegaskan pihak kelurahan untuk mempercayakan sepenuhnya kepada masyarakat. âSelaku lurah, saya tidak pernah mengintervensi ormas dalam menjalankan program. Berbagai dana bantuan langsung ke rekening Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan kita hanya mengarahkan dan mengawasinya saja,â tuturnya.

Keberhasilan Ekorlubuk sebagai kelurahan terbaik yang mewakili Padangpanjang ke tingkat provinsi pada 2011 ini, merupakan berkat kerja sama yang bagus antara pemerintah kelurahan, kepala daerah, wakil rakyat, serta masyarakat.

âAlahmdulillah, berkat tingginya kesadaran masyarakat saat ini, Ekorlubuk sudah memiliki gedung serba guna dan 11 taman RT yang selama ini tidak pernah ada. Didukung masyarakat, ditopang kepedulian dua lembaga pemerintahan daerah, Ekorlubuk di 2012 mendatang mengarah pada penyelamatan dan pelestarian lingkungan,â ungkapnya.

Program penyelamatan lingkungan berupa penanaman pohon mahoni di bantaran sungai. Selain itu, juga memanfaatkan lahan masyarakat sebagai kebun strawberry pada 2012 nanti. âSalut memang kepada masyarakat di sini. Program kita seluruhnya mendapat dukungan. Pembukaan jalan, masyarakat bersedia menyerahkan tanah tanpa ada ganti rugi,â katanya, bangga.

Suriya menyebutkan, masyarakat Ekorlubuk akan memanen hasilnya di sisi ekonomi dari sejumlah program itu. Sejumlah lahan tidur, sudah difungsikan sebagai kolam ikan dan taman obat-obatan. âSelain itu, saat ini juga sedang dibangun jalan wisata di mana sisi kanannya terdapat tanaman strawberry yang boleh dipetik di tempat oleh siapa saja. Sisi ekonominya, warung-warung masyarakat di sini tentunya menjadi sasaran pejalan kaki di pagi hari,â pungkasnya. (*/PadangEkspres)

* Alex Noerdin, Gubernur Terbaik Versi Markplus Inc (2011-12-16) * Dedikasi Tanpa Pamrih Selamatkan Sawah (2011-10-27) * Dahlan Iskan, dari Wartawan Jadi Menteri (2011-10-19) * Zamrisyaf, Penemu Energi Listrik dari Gelombang Laut (2011-10-01) * Berdayakan Warga Sigi Jadi Peternak (2011-09-29)

Suriya, Bawa Kelurahan Ekorlubuk Terbaik di Padangpanjang | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *