Mary McAleese, Presiden Perempuan Kedua Irlandia

Mary McAleese, Presiden Perempuan Kedua Irlandia

Mary McAleese, Presiden Perempuan Kedua Irlandia

Mary McAleese, Presiden Perempuan Kedua Irlandia

Senin, 09 Januari 2012 09:42 Mary McAleese adalah presiden kedelapan di Irlandia. Lahir di Belfast, Irlandia Utara, pada 27 Juni 1951. Mary McAleese menjadi presiden perempuan kedua Irlandia pada 1997. Sebelum menjadi kepala negara terpilih, dia adalah seorang pengacara, jurnalis, akademis dan Wakil Pro-Rektor Universitas Queen.

Meski telah mewakili Irlandia di konferensi luar negeri, anak pertama dari sembilan bersaudara ini tidak menduduki jabatan politik sebelum pemilihan umum. Penduduk Irlandia lebih mengenalnya sebagai penyiar dan aktivis sosial.

Sepanjang kepemimpinannya, McAleese telah menetapkan dirinya membangun jembatan antara masyarakat Utara dan Selatan Irlandia. Lalu meningkatkan standar hidup yang kurang baik dan mempromosikan dialog serta konsensus internasional untuk menyelesaikan konflik dan perselisihan.

Seperti dilansir mediaindonesia.com, perempuan yang dilahirkan dengan nama Mary Leneghan itu diangkat menjadi Profesor Hukum di Trinity College di Dublin pada 1975. Kemudian, pada 1979 ia meninggalkan kampus tersebut untuk menjadi jurnalis sebelum diangkat sebagai Director of the Institute of Professional Legal Studies di tahun 1987.

Sebagai Presiden Irlandia, ia ingin memperluas pengalaman transformasi luar pulau pantai Irlandia sebagai harapan bagi semua orang. McAleese telah membantu untuk membuktikan perempuan tidak hanya berkompeten dan mampu menjadi pemimpin di tingkat tertinggi. Tetapi juga dapat membawa kualitas kepedulian dan kasih sayang dalam memandu kebijakan publiknya.


Another articles:

* Ratu Rania Promotor Pendidikan & Lintas Budaya Internasional (2012-01-08) * Program Inovasi Pegawai Negeri Kanada (2011-10-29) * Helle Thorning-Schmidt, PM Perempuan Pertama Denmark (2011-09-20) * Menlu Perempuan Pertama dan Termuda di Kabinet Pakistan (2011-07-22) * Mengapa Korea Ingin Jalin Kerjasama Ekonomi dengan Indonesia (2011-07-04)

Mary McAleese, Presiden Perempuan Kedua Irlandia | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *