11 Fakta tentang CEO Baru Yahoo, Marissa Mayer

11 Fakta tentang CEO Baru Yahoo, Marissa Mayer

11 Fakta tentang CEO Baru Yahoo, Marissa Mayer

11 Fakta tentang CEO Baru Yahoo, Marissa Mayer

Rabu, 18 Juli 2012 15:58

Akhirnya Google harus melepaskan Marissa Mayer. Kemarin (17/ 7/ 2012), eksekutif perempuan ambisius itu mengejutkan dunia teknologi informasi dengan meninggalkan Google dan bergabung dengan Yahoo! sebagai CEO baru mereka. Jabatan baru itu efektif ia pangku sejak hari ini (18/ 7/ 2012).

Banyak pihak yang menyayangkan keputusan Mayer untuk pindah dari Google ke Yahoo yang dianggap lebih inferior. Akan tetapi, Mayer yang diketahui sebagai mahasiswa cerdas di bangku kuliah ini bukan orang bodoh apalagi jika dirunut dari riwayat hidup dan karirnya yang cemerlang hingga kini. Ia mulai bekerja untuk Google saat berusia 24 tahun dan kini ia mengantongi aset pribadi senilai 300 juta dollar.

Sebagian orang berpendapat, alasan Mayer pindah dari Google ke Yahoo bukan karena uang semata. Dengan kekayaan ratusan juta dollar, ia bisa saja pensiun sekarang. Namun, Mayer sudah memiliki segalanya. Ia memiliki uang, keluarga tetapi ia belum memiliki kekuasaan.Inilah satu-satunya alasan yang masuk akal dari kepindahannya ke Yahoo, sebagaimana dilansir dari VentureBeat.com.

Berikut adalah 11 fakta yang patut Anda ketahui dari Marissa Mayer, insinyur wanita pertama di Google :

1. Ia berperan dalam desain Google.com yang simpel dan menarik Halaman utama Google yang minimalis dengan banyak ruang putih dan satu kotak pencarian di tengahnya dikatakan sebagai satu karya Mayer yang paling monumental. âGoogle memiliki fungsionalitas layaknya pisau lipat yang rumit tetapi sederhana dalam tampilan, elegan, bisa masuk ke kantong, dan berguna saat diperlukan,â  katanya pada Fast Company di tahun 2005. âBanyak pesaing seperti pisau lipat yang terbuka – dan itu bisa mengancam dan bahkan berbahayaâ.

2. Mayer memiliki keahlian kecerdasan buatan. Mayer menggenggam gelar sarjana dan master dari Stanford University. Untuk kedua gelarnya itu, Mayer fokus pada kecerdasan buatan yang telah menjadi bidang inti fokus untuk Google, perusahaan yang memperkenalkan mobil otomatis dan dilengkapi dengan komputer yang mencoba untuk menggunakan persamaan untuk memahami perkataan manusia. Ia berkata CNN ia memegang sejumlah paten dalam desain Al dan antarmuka.

3. Ia aktif dalam berbagai badan nirlaba. Mayer tak hanya aktif sebagai pebisnis, tetapi juga sebagai relawan. Ia bergabung dengan San Francisco Museum of Modern Art, the San Francisco Ballet dan the New York City Ballet, menurut sebuah rilis pers dari Yahoo.

4. Mayer terobsesi dengan fashion.Menurut Los Angeles Times, Mayer pernah membayar 60 ribu dollar dalam sebuah lelang amal untuk bisa makan siang bersama dengan desainer fashion Oscar de la Renta.  “Barang-barang yang membuat Mayer bahagia termasuk cardigan kasmir dari Oscar dengan lengan tiga perempat,â tulis Vogue di tahun 2009.

5. Ia memiliki griya tawang gantung. Hunian mewah ini berada di atap Hotel Four Seasons di San Francisco, dan nilainya mencapai 5 juta dollar, menurut The New York Times.

6. Mayer tampil memukai dalam tiap wawancara. Di tahun 1999, selama wawancara untuk sebuah posisi di Google, Larry Page dan Sergey Brin dilaporkan pernah bertanya demikian pada mayer: âBagaimana kamu akan mengembangkan program pemeriksa ejaan jika kamu memiliki kosalata yang demikian banyak sehingga tak cukup ditampung dalam komputer?â Ia menjadi manajer produk di Google setelah melepaskan pekerjaan mengajarnya di Carnegie Mellon University.

7. Mayer pernah berkencan dengan Larry Page. Pendiri Google Larry Page dan Mayer yang dulu masih menjabat sebagai manajer produk diketahui pernah berkencan di awal dekade 2000-an, seperti dilansir dari buku âGoogledâ yang ditulis Ken Auletta. Seorang blogger penah menuliskan bahwa hal ini banyak dianggap orang di Silicon Valley sebagai bahan pembicaraan yang tabu.

8. Mayer selalu tampil glamor bahkan saat bekerja sebagai kasir toko kelontong. Mayer pernah berkata pada Los Angeles Times mengenai pekerjaan saat masih duduk di bangku SMA sebagai kasir,â Saya belajar banyak mengenai etika kerja dari orang-orang yang lebih berpengalaman selama 20 tahun. Mereka bisa menangani 40 barang belanjaan dalam semenit sepanjang waktu kerja 8 jamâ.

âDi toko, Anda harus ingat harga anggur 4,99 dollar per pound dan 99 sen per pound untuk cantaloupe dengan mengetikkan kode angka. Makin banyak angka yang Anda bisa ingat, makin bagus kinerja Anda. Jika Anda harus sellau berhenti membaca harga di buku, Anda bisa kehilangan banyak waktuâ.

9. Mayer bekerja dengan cara yang unik. âPukul 4 sore, jam kerjanya dimulai. Ia bekerja selama 3 hari  seminggu. Itu menjadi tradisi yang sudah dibawa Mayer sejak mengajar ilmu komputer di Stanford kepada mahasiswa S1,â tulis Businessweek di tahun 2005. Sebagian ide besar Google datang dari rapat dengan stafnya, demikian tulis majalah tersebut.

10. Mayer menyukai cupcake dan lembar kerja. Agak aneh memang menyaksikan Mayer menyukai cupcake dan membeli banyak buku resep cupcake tetapi juga meneliti setiap bahan makanan yang ada dalam resep dan kemudian mengujikannya dalam resep sebelum membuat resepnya sendiri. Ia menuliskan hal itu pada San Fransisco Magazine. Lembar kerja itu ia gunakan sebagai lembar penelitian.

11. Ia mengetahui bagaimana menyemarakkan pernikahan. Di tahun 2009, ia menikah dengan Zachary Bogue, venture capitalist dan investor real estat dan pada saat yang sama mengenakan gaun Naeem Khan putih yang anggun, sebagaimana dilaporkan oleh San fransisco Chronicle. Sebuah makan malam menampilkan penampilan mengejutkan dari the Killers, menurut sebuah blog yang ditulis fotografer event itu. (*AP)

* Jim Skinner, Sukses Lakukan Restrukturisasi McDonald (2012-07-03) * Fabio Bellini dan Konsep ‘Hijau’ untuk Bata (2012-06-20) * Sheryl Sandberg, Wanita di Balik Kesuksesan Facebook (2012-05-23) * Jane Moran, Sang Penanggung Jawab Bisnis Reuters (2012-05-17) * Thia Breen, Presiden Industri Kosmetik Global (2012-04-01)

11 Fakta tentang CEO Baru Yahoo, Marissa Mayer | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *