Percantik Rumah Agar Layak Jual

Percantik Rumah Agar Layak Jual

Percantik Rumah Agar Layak Jual

Percantik Rumah Agar Layak Jual

Jumat, 31 Agustus 2012 09:13

Menjual rumah di masa kondisi ekonomi belum terlampau baik seperti saat ini bisa menjadi pekerjaan yang menantang. Anda tentu ingin rumah lebih cepat laku terjual dengan harga yang memuaskan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah tip untuk meningkatkan harga rumah sekaligus membuatnya menjadi lebih layak jual:

1. Netral Merenovasi rumah sesuai selera tidak ada salahnya dilakukan jika Anda berniat tinggal di sana. Akan tetapi, tidak demikian jika Anda ingin menjualnya. Pilihan warna yang ekstrim atau tema ruangan tertentu yang sedikit nyentrik bisa membuat calon pembeli potensial berpikir ulang menandatangani kontrak pembelian.

Jika Anda telah merombak setiap ruangan dengan warna cat sangat gelap atau sangat terang, pertimbangkan untuk mengubahnya menjadi lebih kalem. Memilih warna-warna netral sebagai cat dinding bisa membantu calon pembeli menciptakan versi mereka sendiri terhadap rumah itu, dan mengurangi beban pekerjaan mereka jika jadi membeli rumah.

2. Sederhana Meskipun Anda belum keluar dari rumah tersebut, memindahkan beberapa perabot dapat membantu supaya rumah lebih cepat laku. Ketika Anda memindahkan sejumlah perabotan, secara otomatis rumah akan terlihat lebih luas dan lapang. Jadi ketika calon pembeli potensial melihatnya, mereka akan lebih terkesan dan mudah berjalan berkeliling.

3. Bau Sebetulnya, bau rumah baru bukanlah aroma yang paling menyenangkan. Tapi setidaknya aroma itu bisa menciptakan kesan rumah baru. Ketika Anda bersiap-siap untuk memperlihatkan rumah kepada calon pembeli, hindari bau-bauan menyengat. Pastikan Anda telah membuang sampah dan membersihkan kulkas secara teratur.

Selain itu, berhati-hatilah dengan menu yang Anda masak beberapa hari menjelang calon pembeli berkunjung. Sebab, masakan tertentu memiliki aroma yang kuat. Jika memiliki hewan peliharaan, awasi kotak pembuangan kotorannya. Bau apa pun yang tidak berkenan di hidung bisa membuat calon pembeli potensial kabur dan tak mau lagi menginjakkan kaki di sana.

4. Detail Berikan perhatian lebih terhadap detail. Bukan ide bagus melakukan renovasi besar-besaran ketika Anda sudah siap menjual rumah tersebut. Selain biaya yang harus dikeluarkan bisa cukup besar, terdapat risiko Anda tidak dapat menyelesaikannya tepat waktu.

Namun, tak usah khawatir jika Anda tidak sempat merombak total area dapur atau kamar mandi. Mengganti perkakas yang terdapat di dalam lemari bisa menjadi cara mudah dan cepat untuk memperbarui tampilan ruangan. Selain itu, mengganti hal-hal kecil seperti pencahayaan juga menjadi sentuhan yang bagus.

5. Maksimalisasi Bagian depan rumah merupakan area pertama yang akan diperhatikan calon pembeli. Jadi pastikan lokasi tersebut tetap asri dan indah. Jika rumah memiliki halaman, potong rumput secara teratur untuk membuatnya terlihat rapi. Selain itu, potong pula ranting-ranting pohon untuk membuatnya tampak lebih teratur. Lalu jangan melupakan jalan masuk menuju pintu depan rumah. Jaga agar tetap bersih dan bebas dari benda-benda yang menghalangi langkah kaki. (*/mediaindonesia.com)

* Jadikan Rumah Instrumen Investasi Anda (2012-07-23) * Rumah Sekaligus Tempat Usaha (2012-06-20) * Percantik Rumah Anda dengan Kolam Ikan Kecil (2011-06-22) * Berapa Besar Risiko Mengembangkan Lahan? (2011-01-19) * Manfaatkan Rumah Sebagai Sumber Penghasilan (2011-01-17)

Percantik Rumah Agar Layak Jual | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *