2012… Guru robot hadir di Korea

Setelah beberapa bulan percobaan, Korea Selatan berencana siap meluncurkan robot yang akan membantu mengajar secara luas, robot ini disebut dengan R-Learning.

Pemerintah Korea akan menginvestasikan 1 milyar KRW (Won Korea) atau sebesar $8.69 juta USD di tahun 2011 untuk memperluas sistem agar dapat mencapai 500 preschool, dan kemungkinan dana tersebut akan terus berkembang menjadi 40 milyar KRW ($36 juta USD) tahun 2012.

Pada tahun 2013 rencananya sistem pengajaran menggunakan robot akan digunakan di lebih kurang 8000 pusat pendidikan anak-anak (preschool dan taman kanak-kanak). Jika setelah 2 tahun berjalan sistem itu terbukti positif maka bisa diterapkan juga di sekolah dasar. Kurikulum sistem dapat dimodifikasi agar sesuai dengan ruangan kelas, seperti membacakan cerita.

Para orang tua dapat berhubungan dengan robot tersebut di ruangan kelas anak mereka guna bertukar pesan dan mengecek perkembangan anaknya secara langsung. KIST (Institut Teknologi & Ilmu Pengetahuan Korea) mengatakan bahwa ada pasar internasional untuk R-Learning, dengan rencananya akan mengekspor keluar negeri yang dimulai dari negara-negara berkembang.

2012… Guru robot hadir di Korea | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *