Marissa Mayer, Anak Emas Yahoo! Pelopor Inovasi Internet

Marissa Mayer, Anak Emas Yahoo! Pelopor Inovasi Internet

Marissa Mayer, Anak Emas Yahoo! Pelopor Inovasi Internet

Marissa Mayer, Anak Emas Yahoo! Pelopor Inovasi Internet

Rabu, 26 September 2012 15:04 Sosok perempuan di bisnis inovasi internet tidak terlalu jamak. Salah satu di antaranya Marissa Mayer. Perempuan yang pernah berkontribusi membuat Google menjadi situs mesin pencari nomor satu di dunia kini giat mengembangkan usaha Yahoo!

Sejak Juli 2012, lulusan Stanford University dengan gelar B.S untuk sistem simbolis dan M.S dalam ilmu komputer ini resmi menjabat sebagai kepala eksekutif Yahoo!. Ia menerima paket kompensasi senilai lebih US$59 juta (sekitar Rp560 miliar) selama beberapa tahun mendatang. Mayer juga menerima gaji tahunan sebesar US$1 juta. Selain itu berhak mendapatkan bonus hingga US$2 juta dan US$12 juta berupa opsi saham dan saham berbatas jual yang akan dibagi selama tiga tahun ke depan.

Yahoo! juga akan memberikan Mayer saham berbatas jual senilai US$14 juta untuk sebagian kompensasi karena dia harus kehilangan uang yang akan diterima di Google. Pembayaran ini dicicil sampai 2014, dengan US$4 juta pada tahun ini.

Mayer, 37, yang telah hengkang dari Google Inc juga akan menerima US$30 juta dalam bentuk penghargaan retensi satu kali jika tetap berada di Yahoo! selama 5 tahun. Gaji Mayer dan bonus maksimal tahun ini akan mencapai US$1,4 juta.

Posisi dan bayaran yang didapatnya sangat sepadan. Pasalnya pengalaman Mayer di bidang teknologi sangat gemilang. Hal itu terbukti akan kontribusinya selama 13 tahun menjadikan Google situs mesin pencari nomor satu dunia. Ia juga memegang peran kunci inovasi produk Google lainnya seperti Gmail. Google Maps, Google Earth, Google Images, Google News, Google Books, Google Product Search, Google Toolbar, iGoogle.

“Dia telah menjadi motor penggerak dalam ketajaman kreativitas dan bisnis di salah satu perusahaan paling inovatif di dunia. Marissa Mayer memimpin langkah untuk mempertahankan Amerika di posisi pertama,” ujar juru bicara Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi.

Setelah beberapa bulan menyandang jabatan tertinggi di Yahoo!, perempuan yang lahir pada 30 May 1975 ini mulai melakukan inovasi besar-besaran. Karyawan Yahoo! bisa dibilang sangat beruntung. Pasalnya Mayer menawarkan berbagai merk ponsel pintar canggih yang bisa dipilih oleh anak buahnya secara gratis. Mereka dapat memilih beberapa merk ponsel pintar ternama seperti Apple, Samsung, Nokia, dan HTC.

Yahoo! juga tak membatasi pilihan para karyawan, entah itu smartphone terbaru seperti iPhone 5, Galaxy S3, HTC One X, HTC EVO 4G LTE, maupun smartphone Windows Phone 8 yang belum dirilis, Nokia Lumia 920. Para karyawan tak perlu khawatir soal biaya, karena Mayer berjanji bahwa perusahaan akan menanggung semuanya, termasuk tagihan pulsa.

Yang menarik, dari beberapa smartphone canggih tersebut, Yahoo! tidak menyediakan produk buatan RIM, BlackBerry. Padahal, merek lain yang tersedia sudah mewakili sistem operasi yang populer saat ini, yakni iOS, Android, dan Windows Phone.

“Kami memiliki kabar menarik untuk berbagi dengan Anda semua. Kami mengumumkan Yahoo! Smart Phones, Smart Fun yang akan digunakan semua user di perusahaan. Rencana itu berdasarkan tingkat penetrasi ponsel pintar secara global. Idealnya kami ingin semua karyawan memiliki perangkat yang dapat berpikir dan bekerja. Untuk itu perangkat Blackberry yang biasa dipergunakan akan di non aktifkan,” tulis Mayer pada sebuah memo yang ditujukan ke Yahoo!, baru-baru ini. (*/mediaindonesia.com)


Another articles:

* 11 Fakta tentang CEO Baru Yahoo, Marissa Mayer (2012-07-18) * Jim Skinner, Sukses Lakukan Restrukturisasi McDonald (2012-07-03) * Fabio Bellini dan Konsep ‘Hijau’ untuk Bata (2012-06-20) * Sheryl Sandberg, Wanita di Balik Kesuksesan Facebook (2012-05-23) * Jane Moran, Sang Penanggung Jawab Bisnis Reuters (2012-05-17)

Marissa Mayer, Anak Emas Yahoo! Pelopor Inovasi Internet | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *