Terkendala Regulasi, Foxconn Cemas Berinvestasi

Terkendala Regulasi, Foxconn Cemas Berinvestasi

Terkendala Regulasi, Foxconn Cemas Berinvestasi

Terkendala Regulasi, Foxconn Cemas Berinvestasi

Selasa, 08 Januari 2013 09:28

Perusahaan raksasa teknologi dari China, Foxconn Technology Group, tampaknya  masih gamang dengan niatnya untuk membangun pabrik di wilayah Indonesia. Kabar yang kurang mengenakkan ini berhembus hingga ke media China.Dilaporkan keraguan Foxcon dipicu oleh peraturan hukum di RI yang kurang mendukung, seperti kurangnya dukungan pemerintah setempat untuk memberantas peniruan produk dan perangkat impor tidak sah di wilayah RI.

Problem lain yang juga ditengarai menjadi biang keladi ialah masalah sulitnya menemukan mitra lokal yang sesuai dan keharusan untuk memahami selera dan kebutuhan konsumen Indonesia. Ini semua memerlukan waktu dan proses yang tidak sebentar. Keputusan investasi pun masih harus ditunda untuk sementara waktu hingga keputusan akhir tercapai. Penundaan sudah dilakukan sejak Desember 2012.

Meski terjadi penundaan, pihak Hon Hai Precision Industry (induk perusahaan dari Foxconn yang berpusat di Taiwan) mengatakan melalui jubirnya bahwa masyarakat tak perlu khawatir kesepakatan akan dibatalkan dan menyatakan telah adanya niat kuat untuk melanjutkan proses yang tengah berjalan.

Dirinci lebih lanjut oleh laman WantChinaTimes.com (8/1/2013), Foxconn mengatakan niat membangun pabrik di Indonesia masih ada namun waktunya belum diputuskan hingga sekarang. Dan kini saatnya pemerintah dan para pemangku kepentingan di Indonesia untuk menyelesaikan âpekerjaan rumahâ; membenahi regulasi negeri ini secepat mungkin agar investor besar potensial seperti Foxconn tidak berpaling ke negeri jiran seperti apa yang dilakukan RIM beberapa tahun lalu.

Kabar Foxconn akan membangun pabrik di Indonesia memang sudah santer berhembus selama beberapa bulan belakangan ini. Namun, sekali lagi belum ada pernyataan resmi dari Foxconn sendiri mengenai kepastian dimulainya pembangunan pabrik yang dimaksud.

Jika Foxconn akhirnya membatalkan rencana investasinya ini, Indonesia harus menelan pil pahit bahwa memiliki basis konsumen yang besar dan menggiurkan tidak cukup untuk menarik investor besar dunia untuk masuk. Diperlukan upaya konkret dari pemerintah dan elemen swasta sebagai stakeholder untuk membenahi iklim investasi dan perdagangan di negeri ini. Bukan hal yang mudah, tetapi tidak juga mustahil. (CNA/ AP)

* Terkait Hambalang, KPK Geledah Kantor Biro Perjalanan (2012-11-01) * Peredaran Uang Palsu Rp 1 M Digagalkan (2012-10-10) * Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ribuan Ton Minyak (2012-09-25) * Pengadilan Tolak Gugatan Pailit Terhadap Dayaindo (2012-09-11) * Barang Berharga Raib, Lion Air-Penumpang Saling Gugat (2012-09-03)

Terkendala Regulasi, Foxconn Cemas Berinvestasi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *