Perlukah Saya Kuliah Entrepreneurship? Ini Jawabannya

Perlukah Saya Kuliah Entrepreneurship? Ini Jawabannya

Perlukah Saya Kuliah Entrepreneurship? Ini Jawabannya

Perlukah Saya Kuliah Entrepreneurship? Ini Jawabannya

Rabu, 16 Januari 2013 13:46

Jika Anda merasa ragu untuk mengikuti kuliah jurusan entrepreneurship, perlu Anda ketahui bahwa banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk itu. Jawabannya bisa ya atau tidak, bergantung pada sejumlah faktor.

Pendidikan entrepreneurship di universitas memakan biaya yang tidak sedikit. Dan sangat sedikit orang yang memiliki dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi bidang entrepreneurship dari awal hingga akhir. Meski demikian, jika Anda memang benar-benar tertarik, direkomendasikan untuk mencermati kurikulum yang ditawarkan universitas yang bersangkutan. Bandingkan dengan universitas lain yang menawarkan program serupa.

âSelama berpuluh-puluh tahun, sebagian besar sekolah tinggi bisnis telah melatih para mahasiswanya untuk dapat bekerja sebagai manajer level tengah di berbagai perusahaan Fortune 500. Ada begitu banyak pilihan karir selain menjadi entrepreneur.

Satu hal yang dilakukan entrepreneur dengan baik ialah mengambil tindakan tetapi bagaimana jika harus ditambah dengan kewajiban menuntut ilmu secara formal di kampus?

Bagi mereka yang merasa cemas saat ingin mendirikan bisnis, mengikuti pendidikan entrepreneurship secara formald di kampus menjadi cara untuk memupuk rasa percaya diri. Mereka setiap hari dapat berkomunikasi dan berdiskusi dengan orang-orang yang berpikiran sama, bervisi sama, bertekad sama dan menghadapi kesulitan serta tantangan yang sama pula. Energi dan semangat orang-orang di sekitar akan menular tanpa disadari.

Jadi kembali lagi ke pertanyaan dalam judul. Tidak ada jawaban pasti untuk itu. Anda perlu menemukan jawaban yang sesuai dengan kondisi Anda meski harus diakui bahwa memiliki pengalaman secara otodidak dan menimba ilmu secara formal merupakan kombinasi yang terbaik.

Akan tetapi, walaupun kita menyadari bahwa sebagian aspek dalam entrepreneurship dapat diajarkan melalui perkuliahan, sebagian lainnya seperti etos kerja, daya inovasi, ketajaman intuisi bisnis hanya dapat diasah melalui pengalaman yang dihasilkan dari proses menjalani secara langsung. (*AP)

* Berkat Mark Zuckerberg, Pendidikan Entrepreneurship Menjamur di Kampus AS (2013-01-09) * Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan (2012-11-03) * Bisakah Hypnosis Mengubah Karakter Anak? (2012-10-28) * Pentingnya Membangun Lingkungan Berkarakter (2012-10-21) * Kekuatan Karakter Bagi Masa Depan Anak (2012-10-21)

Perlukah Saya Kuliah Entrepreneurship? Ini Jawabannya | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *