Tang Prize Foundation Diresmikan di Taiwan

Tang Prize Foundation Diresmikan di Taiwan

Tang Prize Foundation Diresmikan di Taiwan

Tang Prize Foundation Diresmikan di Taiwan

Selasa, 29 Januari 2013 17:10

Tang Prize Foundation (http://www.tang-prize.org/) telah diresmikan di Taiwan. Yayasan tersebut telah menandatangani kontrak dengan lembaga riset terbesar Taiwan, Academica Sinica, yang akan bertanggung jawab atas nominasi dan seleksi Tang Prize dalam empat kategori: Pengembangan Berkesinambungan, Ilmu Biofarmasi, Sinologi (tidak termasuk karya sastra), dan Undang-undang Hukum. Dengan mengakui karya yang paling orisinil dan berpengaruh dalam keempat kategori tersebut, Tang Prize diharapkan akan meningkatkan penelitian mutakhir untuk memacu pengembangan sumber daya manusia.

Tang Prize Foundation didirikan oleh Dr. Samuel Yin dengan dana sebesar NT$3 miliar (sekitar US$102.000.000). Dr. Yin berkata, “Mendirikan Tang Prize adalah adalah salah satu mimpi terbesar saya. Saya harap yayasan ini dapat memacu lebih banyak penelitian bermanfaat untuk umat manusia, mempromosikan kebudayaan China, dan membuat dunia ini menjadi tempat tinggal yang lebih baik. “Keempat kategori nominasi penghargaan tersebut melingkupi sektor-sektor penting dalam pengembangan sosial umat manusia di masa yang akan datang. Tang Prize Foundation berharap dapat meningkatkan apresiasi publik terhadap ajang penghargaan ini, baik dari akademisi maupun dari masyarakat umum, dan memotivasi para ahli untuk mendedikasikan diri mereka dalam menciptakan penelitian-penelitian inovatif di dalam keempat sektor tersebut. Misi pokok Tang Prize tak lain adalah untuk meningkatkan kualitas hidup umat manusia. Tang Prize akan menjadi salah satu ajang penghargaan dunia paling prestisius dan visioner serta memberi kesempatan kepada negara Taiwan untuk berkontribusi terhadap komunitas internasional.

Presiden Academica Sinica, Chi-Huey Wong, mengungkapkan, “Secara historis, Academica Sinica selalu memiliki reputasi yang luar biasa. Baik secara nasional maupun internasional, para akademisi kami memegang peranan penting di berbagai sektor, oleh karena itu, kami, tentunya, memiliki kemampuan untuk menyeleksi kandidat-kandidat terbaik untuk Tang Prize.” “Kami sangat ketat memilih pakar dari bidangnya masing-masing, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, untuk membentuk komite penjurian. Dengan tujuan yang sangat spesifik, komite ini akan akan menyeleksi individu ataupun lembaga yang telah menunjukkan penelitian yang paling kreatif dan berpengaruh dalam keempat sektor ini. Dengan begitu, Tang Prize akan memperoleh kredibilitas internasional secara bertahap,” ungkapnya.

Ajang yang akan dimulai pada tahun 2014 ini akan terselenggara setiap dua tahun, dipersembahkan kepada perorangan atau lembaga yang telah memberikan kontribusi yang memukau dalam keempat bidang tersebut. Masing-masing pemenang akan diganjar hadiah berupa uang sebesar NT$40 juta (sekitar US$1.360.000), dan donasi sebesar NT$10 juta (sekitar US$ 341.000) yang akan dialokasikan untuk pendanaan eksekusi program yang telah direncanakan si pemenang dalam periode lima tahun. Jajaran nominasi penghargaan Tang Prize yang pertama ini akan disusun oleh komite penjurian Tang Prize, dan undangan akan diberikan kepada kandidat-kandidat perorangan dan/atau lembaga yang memenuhi persyaratan pada bulan Mei 2013. Tanggal penutupan pendaftaran calon nominasi adalah bulan September 2013. Komite penjurian Tang Prize akan memberikan laporan detail terkait kandidat-kandidat akhir kepada Tang Prize Foundation pada akhir bulan April 2013. Tang Prize Foundation akan mengumumkan daftar para pemenang pada 18 Juni 2014.

Tentang Tang Prize Foundation Tang Prize Foundation dibentuk pada tahun 2012 oleh ketua Ruentex Group, Dr. Samuel Yin, yang merekrut banyak pakar untuk bekerja di perusahaannya. Yayasan ini bertujuan mempromosikan prinsip-prinsip dan pengelolaan berkesinambungan Tang Prize. Yayasan ini memberi mandat kepada Academica Sinica untuk membentuk komite penjurian yang bertugas dalam proses seleksi nominasi. Selanjutnya, yayasan ini akan memilih para pemenang berdasarkan saran-saran komite penjurian. Situs yayasan ini adalah www.tang-prize.org.

Tang Prize adalah ajang penghargaan internasional yang didedikasikan kepada para peneliti atau lembaga yang menciptakan penelitian paling orisinil dan berpengaruh dalam bidang Pengembangan Berkesinambungan, Ilmu Biofarmasi, Sinologi (tidak termasuk karya sastra), dan Undang-undang Hukum. Ajang ini diharapkan akan memacu para ahli untuk mendedikasikan diri mereka dalam menciptakan penelitian inovatif di dalam keempat sektor tersebut dan bekerja demi mencapai pengembangan yang seimbang dan berkesinambungan. Tang Prize dinamai berdasarkan Dinasti Tang, yang dikagumi oleh pendiri yayasan ini. Rezim dinasti Tang adalah masa keemasan dari kebudayaan kosmopolitan dan titik puncak kemakmuran bangsa China. Karakteristik kepercayaan diri dan dan inklusivitas Dinasti Tang telah menginspirasi banyak generasi. Hal demikianlah yang digali oleh Tang Prize.

Tang Prize Foundation Diresmikan di Taiwan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *