Berawal Hobi, Kini Seriusi Bisnis Reptil

Berawal Hobi, Kini Seriusi Bisnis Reptil

Berawal Hobi, Kini Seriusi Bisnis Reptil

Berawal Hobi, Kini Seriusi Bisnis Reptil

Rabu, 06 Maret 2013 10:08

Arntz Ignatius Wahyu menggemari reptil karena keunikan dan keekstreman hewan tersebut. Pria akrab disapa Arntz itu menilai, banyak manfaat bisa didapatkan dari memelihara hewan melata. Menurutnya, tidak semua reptil itu buas.

Arntz mengawali bisnis breeding reptil dari nol. Ia memulai bisnis ini dari hobinya tersebut.

Koleksi reptil Arntz tak sebatas iguana saja. Dia juga memelihara ular, kura-kura, landak Australia, dan kodok pacman. Baginya breeding itu menyenangkan. Ia pun sering berganti selera. Kalau satu hewan sukses dibiakkan maka akan berganti hewan lainnya.

Landak Australia misalnya, sudah berhasil dia kembangbiakkan. Dalam jangka empat bulan, satu indukan landak mampu dikembangbiakkan menjadi 4-6 ekor. Pengetahuan memelihara reptil ini diperolehnya dari pengalaman dan membaca buku. Pernah suatu kali, karena minim pengetahuan empat pasang landak yang didatangkan mati semua. Itu karena habitat dan makanan yang diberikan tidak sesuai.

âBeragam pengalaman saya peroleh, mulai salah makan dan akhirnya hewan itu mati. Ada pula yang berhasil dikembangbiakkan tapi malah anaknya dimakan induknya sendiri,â ujarnya seperti dilansir Suara Merdeka.

Yang menjadi kendala dalam menjalankan usahanya ialah pemahaman masyarakat tentang reptil seperti ular cenderung buas dan berbisa.

âKita berikan edukasi ke masyarakat kalau tidak semua hewan itu jahat. Kalau semua hewan jahat tentu akan musnah,â ujar Arntz tergabung dalam komunitas Semarang pecinta reptil (Smart).

Memelihara reptil, imbuhnya, tidak sembarangan. Kalau sudah bisa breeding sendiri, para anggota Smart ini justru memiliki kepedulian besar.

Mereka akan mengembalikan hewan tersebut ke habitatnya. Bahkan untuk hewan yang dilindungi, mereka akan mendapatkan surat keterangan dari instansi negara karena turut menjaga kelestarian satwa.

âDengan mengembalikan hewan-hewan ini ke habitatnya, itu sama saja kita menjaga keseimbangan lingkungan,â terang pria yang juga memiliki usaha jasa fotografi Art Londo di Jl Wahyu Asri Utara IV/ CC 160. (as)

* Kisah Sukses Sumian Budi Daya Jamur Tiram (2013-03-04) * Kisah Sukses Khafidz Nasrullah Berbisnis Minyak Atsiri (2013-03-01) * Awalnya Iseng, Arifin Sukses Budidaya Jeruk Santang (2013-02-05) * Marcell Diaz, Mantan Pegawai Bank yang Sukses Jadi Peternak (2013-02-01) * Kisah Bekas Kuli Angkut yang Jadi Juragan Bebek (2013-01-29)

Berawal Hobi, Kini Seriusi Bisnis Reptil | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *