Awalnya Coba-caba, Kini Jadi Juragan Jarum Tiram

Awalnya Coba-caba, Kini Jadi Juragan Jarum Tiram

Awalnya Coba-caba, Kini Jadi Juragan Jarum Tiram

Awalnya Coba-caba, Kini Jadi Juragan Jarum Tiram

Senin, 15 April 2013 14:49

Banyak usaha yang bisa mendatangkan uang jika giat mengerjakannya. Seperti budidaya jamur tiram yang dilakukan Achmad Qomarudin dan Eni Kurniasih, warga Dukuh Karangwetan, Desa Sribit, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. Berawal dari coba-coba usai ikut pelatihan kewirausahaan di Yogyakarta, usaha budidaya jamur tiram yang digelutinya semakin berkembang.

Awalnya Qomarudin hanya mencoba 100 baglog (media tanam) jamur tiram, yang setiap baglognya dibeli dari wilayah Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo seharga Rp 1.700. âAwalnya tidak berhasil karena ternyata baru ia ketahui bahwa dalam perawatannya baglong tidak boleh kena sinar matahari secara langsung,â terang Qomarudin seperti dilansir Timlo.net.

Meski gagal, tapi semangat usahanya tidak terpatahkan oleh keadaan. Bahkan ia kembali mencoba 1.000 baglog dan hasilnya langsung dibuat keripik dan dipasarkan. âTernyata keripik jamur cukup diterima di pasaran, hingga akhirnya saya langsung tidak menyia-nyiakan peluang usaha yang ada dengan membeli sekitar 5.000-an baglog lagi untuk mengembangkan usahanya,â jelas Qomarudin.

Dengan perawatan yang teratur, seperti menjaga kelembaban dengan cara menyemprot air dua kali sehari pada saat musim kemarau, serta membersihkan kondisi ruangan agar terhindar dari hama berupa ulat, pada usia sektar 3 minggu, jamur tiram mulai berkecambah dari beberapa baglog. Seminggu kemudian langsung bisa memanen jamur tiram, dan setelah itu sekitar 2 hari sekali selalu bisa memanen jamur hingga usia baglog antara 5 hingga 6 bulan.

Setiap kali panen, hasilnya juga bervariasi, antara 15 hingga 90 kilogram. Sedangkan harga jual jamur tiram di pasar saat ini rata-rata Rp 10 ribu perkilogramnya. Hanya, untuk jamur tiram hasil budidaya Qomarudin ini tidak dijual mentah, namun diolah sendiri menjadi keripik jamur. Sedangkan harga jual keripik jamur saat ini Rp 75.000 per kilogramnya. (as)

* Raup Laba dari Menanam Jamur (2013-04-10) * Bob Sadino, Bermula dari Ternak Ayam (2013-03-17) * Eka Tjipta Wijaya, Lulusan SD yang Jadi Miliarder (2013-03-11) * Berawal Hobi, Kini Seriusi Bisnis Reptil (2013-03-06) * Kisah Sukses Sumian Budi Daya Jamur Tiram (2013-03-04)

Awalnya Coba-caba, Kini Jadi Juragan Jarum Tiram | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *