Bermodal 200 Dollar, Branson Luncurkan Virgin

Bermodal 200 Dollar, Branson Luncurkan Virgin

Bermodal 200 Dollar, Branson Luncurkan Virgin

Bermodal 200 Dollar, Branson Luncurkan Virgin

Dalam GrowCo (Grow Your Company Conference) yqng berlangsung di New Orleans (7/5/2013), Sir Richard Branson mengemukakan dalam sebuah wawancara dengan editor in-chief Inc. Magazine Eric Schurenberg mengenai apa yang ia lakukan di saat remaja dalam memulai berwirausaha.

Di usia 15 tahun saat perang Vietnam berkecamuk di kawasan Indochina, di Inggris terjadi sebuah fenomena di kalangan muda-mudinya. Banyak generasi muda Inggris tidak sepakat dengan penggunaan jalan kekerasan di Vietnam yang memakan begitu banyak korban jiwa dan luka-luka. Perang bukan cara yang adil dan efektif untuk menyelesaikan konflik.

âMereka ingin mengutarakan aspirasi untuk menghentikan upaya perang yang dikobarkan di sana tetapi tidak mengetahui cara menyalurkannya melalui media massaâ, ujar Branson mengenang.

Branson yang masih belia saat itu menangkap celah bisnis sekaligus keinginan untuk memberikan saluran bagi para pemuda untuk menyuarakan pendapat mereka yang kontra dengan upaya kekerasan. Ia pun menggagas terbitnya sebuah majalah khusus generasi muda.

Ia memulai bisnis majalahnya dengan modal seadanya, dan kantornya pertama kali saat hanyalah sebuah ruang kecil yang dilengkapi telepon di sekolah. âSaat itu belum ada ponsel, jadi saya harus menghubungi dengan telepon koin,â kenang pengusaha berambut gondrong ini.

Sayangnya, Branson remaja tak banyak memiliki uang untuk menggunakan telepon itu. Ibunya yang saat itu menemukan sebuah kalung berharga memberikannya perhiasan itu agar bisa dijual karena tak kunjung ditemukan pemiliknya.

Dari uang hasil menjual perhiasan temuan tersebut, Branson berhasil menghubungi beberapa orang untuk beriklan melalui telepon koin tersebut, mencetak majalahnya, dan berhasil menjual dengan cukup sukses.

Dengan hanya berbekal uang 200 dollar itulah ia sanggup mendirikan usaha barunya yang masih begitu sederhana dan kecil. Tiada yang menyangka di kemudian hari, usaha penerbitan majalah kaum muda itu menjadi cikal bakal kerajaan bisnis Branson. (*Akhlis)

* Richard Branson tentang Membangun Kerajaan Bisnis (2013-05-03) * Brian Solis: Bagaimana Menghubungkan Strategi Jejaring Sosial dan Prinsip Bisnis (2013-04-22) * Richard Branson tentang Membangun Reputasi yang Kokoh (2013-04-16) * 5 Kutipan Inspiratif dari Entrepreneur Besar Dunia (2013-03-21) * Pesan Richard Branson untuk Pengusaha Muda (2012-08-02)

Bermodal 200 Dollar, Branson Luncurkan Virgin | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *