Gunawan Ardiyanto Sukses di Bisnis Jasa Pelatihan

Gunawan Ardiyanto Sukses di Bisnis Jasa Pelatihan

Gunawan Ardiyanto Sukses di Bisnis Jasa Pelatihan

Gunawan Ardiyanto Sukses di Bisnis Jasa Pelatihan

Selasa, 07 Mei 2013 15:07

Jatuh bangkrut, adalah kisah yang selalu menarik perhatian dari seorang pengusaha sukses. Di berbagai media masa â baik di Indonesia pun di manca negara, kisah pahit getir itu selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk disimak. Umumnya kisah-kisah pengusaha itu menggugah perasaan, sebab mereka menjadi pengusaha lantaran kepepet.

Beruntung, belajar dari pengalaman mereka sendiri, akhirnya kini mereka bisa menjadi pengusaha sukses. Lantas, apakah menjadi pengusaha sukses harus jatuh bangkrut terlebih dahulu seperti kisah jatuh bangun tersebut? Itulah pertanyaan yang sering terlontar dari mulut para pengusaha pemula. Tak disadari, ternyata memang kisah jatuh bangun itu memberi momok menakutkan bagi siapa pun yang ingin menjadi pengusaha. Padahal, bila tahu rahasianya, bukannya takut, justru passion besar menjadi pengusahalah yang tercipta. Bahkan, kian bergelora untuk dicapai.

Adalah Gunawan Ardiyanto, pemilik usaha jasa konsultan berlabel AGOEN Consultant punya rahasia untuk itu. Seperti apa? Ia mengatakan, agar sukses pengusaha harus mampu membuat rencana bisnis yang matang, memiliki jaringan yang luas, mengikuti berbagai seminar dan training entepreneurship, menulis buku dan masih banyak lagi.

Tak mampu lakukan sendiri, Gunawan mengimbuhkan, AGOEN Consultant miliknya siap membantu. Usaha yang bermula dari Balikpapan itu, kini sudah me-nasional. Ia pun jalankan usaha ini kendati masih berstatus sebagai Construction Manager di salah satu mining service, di kota Balikpapan.

âSaya ingin agar usaha para klien bisa berkembang lebih baik,â ujarnya seraya melanjutkan, melalui jasanya, siapa juga bisa menjadi konsultan atau trainer berdasarkan pengalaman dan ilmunya masing-masing.

Latar belakang gunawan sebagai seorang penulis berbagai judul buku dan kolumnis di beberapa media ternama â seperti kolumnis di Tribun Kaltim, Jambi Independent, Majalah Pengusaha Indonesia dan jambitourism.com, membuatnya terpanggil untuk membagikan keahlian tersebut melalui jasa pelatihan menulis buku. âBahkan peserta langsung action menulis buku dan saya bimbing sampai buku tersebut terbit,â sebutnya tentang salah satu jasanya yang ia sebut Writerpreneur itu.

Kursus menulis itu, pria kelahiran Bogor ini melanjutkan, ia berikan baik jarak dekat di sekitar kota Balikpapan, maupun jarak jauh untuk siapa pun yang berminat dari luar kota itu. âSelain memberikan kursus menulis secara private, saya juga bersedia untuk memberikan kursus untuk kelompok atau komunitas,â jelasnya. Sementara, jasa yang disebutnya Business Planner, menurutnya wajib dikuasai oleh pengusaha. âDengan jasa business plan ini, diharapkan pengusaha mempunyai controlling tools dalam memulai dan mengembangkan usahanya, sehingga kerugian-kerugian  yang mungkin terjadi dapat diminimalisir,â jelasnya.

Gunawan sendiri telah mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang bahkan yang diselenggarakan berhari-hari. Punya business plan yang matang, pandai menulis buku tetapi tak memiliki jaringan juga merupakan sebuah kegagalan. Untuk itu Gunawan memberikan jasa mendongkrak jaringan pengusaha yang seluas-luasnya. âSaya berusaha untuk menghubungkan satu client dengan client yang lain sehingga usaha mereka bisa saling mendukung,â tukas lulusan Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret Solo (1994).

Sementara, Smart parenting, kata dia, merupakan seminar yang ia berikan tentang cara mendidik anak. Bukan untuk menggurui, tetapi berdasarkan pengalaman, ilmu dari berbagai buku dan seminar, ia ingin membagikannya kepada setiap orang tua di Indonesia. âKegiatan ini akhirnya berkembang menjadi peluang usaha untuk mengadakan seminar atau workshop tentang parenting,â kata bapak dua anak ini.

Semua jasa konsultan yang ia berikan tak main-main memberikan hasil. Beberapa perusahaan telah mempercayakan konsultannya. âSaya mengerjakan beberapa business plan dan SOP untuk usaha di berbagai bidang usaha seperti Kuliner, digital printing, agen properti, bimbingan belajar, event organizer, Klinik Bersalin, Klinik Kecantikan, dan lain-lain,â ujarnya.

Biaya yang ia tetapkan untuk berbagai jasanya relatif terjangkau. âUntuk usaha kecil, jasa pembuatan business plan dan SOP 5 juta rupiah saja, karena tujuan utama saya adalah mengedukasi pengusaha kecil bahwa membuat business plan dan SOP bukan hanya diperlukan oleh usaha besar, tetapi sejak usaha masih kecil juga diperlukan, sebagai persiapan sebelum usaha itu menjadi besar,â urainya.

Sedangkan untuk usaha menengah dan besar biaya jasa tersebut tergantung dari jenis dan besarnya usaha, juga kompleksitas yang ditinjau, misalnya business plan, sop, financial plan dan seterusnya. Sementara, untuk kursus atau konsultasi menulis buku tergantung dari level kemampuan mereka. âApakah mereka mulai dari nol, atau sudah bisa menulis tetapi masih perlu dikembangkan sehingga buku tersebut layak untuk bisa diterbitkan,â imbuhnya. Ia mematok biaya berkisar antara 1 â 2,5 juta rupiah untuk jasa tersebut.

Selain usaha konsultan, Gunawan kini juga memiliki usaha event organizer dan lembaga training kerjasama dengan rekan-rekannya, baik di Balikpapan maupun di Pulau Jawa. Dari usaha itu, ia menyelenggarakan even di bidang entrepreneur, bisnis-manajemen, public speaking dan smart parenting.

Alhasil, animo akan jasa konsultannya demikian besar. âSaya merintis usaha jasa konsultan ini sejak 2 tahun yang lalu, dimulai dengan harga Rp. 100 ribu,â katanya. Jasa pembuatan business plan ia tawarkan ke teman-teman dekat, pembaca buku hingga kepada teman-teman facebook.

Tak berhenti sampai di situ. Ke depan, Gunawan masih memiliki sejumlah mimpi. âTarget saya ke depan 1-2 tahun lagi adalah membuat sebuah training centre untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di kota kelahiran saya (Bogor)â pungkas Gunawan. (bn)

* Hermawan Kartajaya Selalu Menjunjung Tinggi Kejujuran (2013-04-30) * Agung Raih Sukses Bersama Simply Fresh Laundry (2013-04-28) * Lilik Oetama Kibarkan Nama Dyandra di Indonesia (2013-04-26) * Adrie Subono, Sang Raja Konser (2013-04-23) * I Nyoman Londen, Dari Pemulung Kini Jadi Pengusaha Kafe (2013-04-21)

Gunawan Ardiyanto Sukses di Bisnis Jasa Pelatihan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *