Sejarah Vodafone

Sejarah Vodafone

Sejarah Vodafone

Sejarah Vodafone

Jumat, 10 Mei 2013 06:21

Vodafone Group Plc ialah sebuah perusahaan telekomunikasi multinasional dari Inggris. Lokasi kantor pusat Vodafone berada di London dan kantor resmi lainnya di Newbury, Berkshire.

Vodafone merupakan perusahaan telekomunikasi mobile kedua terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan dan pemasukan di tahun 2011. Ia memiliki 439 juta pelanggan per bulan Desember 2011.

Vodafone memiliki dan menjalankan jaringan di lebih dari 30 negara di dunia dan memiliki jaringan mitra di lebih dari 40 negara lainnya. Divisi Global Vodafone memberikan layana n TI dan telekomunikasi untuk para klien korporat di lebih dari 65 negara. Vodafone juga memiliki 45% dari saham total Verizon Wireless, perusahaan telekomunikasi mobile terbesar di AS dari segi jumlah pelanggan.

Vodafone memiliki listing primer di Bursa Saham London dan menjadi konstituen dari FTSE 100 Index. Ia memiliki kapitalisasi pasar kira-kira 89,1 miliar poundsterling per tanggal 6 Juli 2012, terbesar ketiga dari perusahaan-perusahaan yang ada dalam Bursa Shaam London. Ia juga masuk dalam listing sekunder di NASDAQ.

Nama Vodafone berasal dari kata âvoice data foneâ. Kata ini dipilih oleh perusahaan dengan tujuan âmencerminkan jenis layanan data dan suara yang dilakukan melalui ponsel.â

Evolusi Vodafone mulai tahun 1982 dengan pendirian ‘Racal Strategic Radio Ltd, sebuah anak perusahaan dari Rascal Electronics Plc, pembuat teknologi radio militer terbesar di Inggris. Dengan inisiatif Jan Stenbeck, Racal Startegic Radio Ltd membentuk perusahaan patungan di Millicom yang disebut âRacal Vodafoneâ yang kemudian berkembang menjadi Vodafone yang kita kenal bersama saat ini.

Evolusi sebagai merek Racal Telecom berlangsung dari 1980 hingga 1991. Logo asli Vodafone digunakan hingga dikeluarkannya logo baru tahun 1997.

Tahun 1980, Sir Ernest Harrison OBE, pimpinan Racal Electronics plc. sepakat dalam sebuah perjanjian dengan Lord Weinstock dari General Electric Company plc. untuk memungkinkan Racal mengakses sebagian teknologi radio lapangan pertempuran taktis milik GEC.

Tahun 1982, anak perusahaan Racal – Racal Strategic Radio Ltd â memenangkan salah satu lisensi jaringan ponsel Inggris. Jaringan Racal Vodafone ini merupakan patungan antara Racal dan beberapa perusahaan lain. Racal Vodafone memegang mayoritas sahamnya sebesar 80%. Terbentuklah Vodafone sebagai perusahaan patungan antara anak perusahaan Racal Electronics plc dengan Millicom dan Hambros Technology Trust. Milicom dan Hambros hanya memiliki masing-masing 15% dan 5% saham. Jaringan ini kemudian disebut sebagai Racal Vodafone.

Vodafone diluncurkan secara resmi tanggal 1 Januari 1985 dan kemudian diubah namanya menjadi Racal Telecommunications Group Limited. Setahun kemudian, pada tanggal 29 Desember 1986 Racal Electronics membeli saham minoritas senilai GB£110 juta.

Bulan September 1988, perusahaan ini kemudian dinamai kembali dengan âRacal Telecomâ dan tanggal 26 Oktober 1988 Racal Electronics stabil pada kisaran 20% dari keseluruhan.

Tanggal 16 September 1991, Racal Telecom dipisahkan dari Racal Electronics sebagai Vodafone Group dan perusahaan telefoni mobile pun lahir.

Selama dekade 1990-an, Vodafone mulai mengokohkan diri sebagai perusahaan besar di Inggris. Juli 1996, Vodafone mengakuisis dua pertiga Talkland yang belum ia miliki, dengan nilai akuisisi £30.6 juta.

Tanggal 19 November 1996, dalam sebuah langkah defensif, Vodafone membeli Peoples Phone senilai £77 million, sebuah jaringan toko sebanyak 181 unit yang memiliki pelanggan yang sangat sering menggunakan jaringan Vodafone.

Dalam langkah yang sama, perusahaan ini mengakuisisi 80% dari saham Astec Communications yang belum dimilikinya. Astec adalah penyedia layanan dengan 21 toko.

Akhirnya Vodafone makin terkemuka dalam jajaran perusahaan paling besar di Inggris. Ini menjadi titik tolak baginya dalam menambah pangsa pasar konsumen jaringan seluler di Inggris.

Tahun 1997 Vodafone memperkenalkan logo barunya, Speechmark. Logo ini menunjukkan tanda kutip di dalam lingkaran. Dengan huruf âOâ dalam jenis logo Vodafone yang dibuka dan ditutup dengan tanda kutip, hal itu menyiratkan percakapan. (*Akhlis)

* Tata Motors, Ambisi India di Dunia Otomotif (2013-04-22) * WhatsApp, Penyedia Aplikasi Pesan Lintas Platform (2013-04-18) * Cladwell: Memahami Pria yang Tak Banyak Waktu Beli Pakaian (2013-04-15) * Mimpi Jack Ma Tentang Alibaba.com (2013-04-10) * Tongda Group Holdings: Raksasa Komponen dari China (2013-04-01)

Sejarah Vodafone | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *