Laporan Kunjungan Kerja Menteri Kehutanan dan Menteri Perekonomian ke

Laporan Kunjungan Kerja Menteri Kehutanan dan Menteri Perekonomian ke

Laporan Kunjungan Kerja Menteri Kehutanan dan Menteri Perekonomian ke Yogyakarta

Laporan Kunjungan Kerja Menteri Kehutanan dan Menteri Perekonomian ke Yogyakarta

Jumat, 17 Mei 2013 11:03

Kunjungan Kerja Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Perekonomian HattaRajasa pada acara Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan di Yogyakarta, Kamis 16 Mei 2013 Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menghadiri pembukaan Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan Tahun 2013 yang dilaksanakan di Desa Hargo Binangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 16 Mei 2013.

Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan tahun 2013 ini di buka oleh Menteri Perekonomian Hatta Rajasa selaku Ketua Badan Koordinasi Nasional Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan yang sebelumnya didahului sambutan dari Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Kehutanan Dr. Ir. Tachrir Fathoni, M.Sc dan sambutan dari Menteri Kehutanan.

Dalam sambutannya Zulkfli Hasan mengapresiasi kepada seluruh penyuluh kehutanan yang kurang lebih berjumlah 1.800 orang hadir pada acara Jambore Nasional Tahun 2013. Penyuluh Kehutanan sebagai garda terdepan untuk membangun sektor kehutanan memiliki peran yang sangat penting karena penyuluh kehutanan terlibat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan teknologi yang ada. Merupakan tantangan bagi penyuluh kehutanan untuk mensosialisasikan program-program Kementerian Kehutanan kepada masyarakat seperti Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan dimana dalam melaksanakan program-program tersebut masyarakat sangat perlu didampingi oleh penyuluh kehutanan khususnya mensosialisasikan budidaya tanaman kehutanan kepada masyarakat yang berada diluar pulau Jawa.

Penyelenggaraan Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan Tahun 2013 ini bertepatan dengan peringatan 100 tahun Litbang Kehutanan. Dalam momentum ini Menhut juga berharap adanya sinergi yang lebih baik antara Litbang Kehutanan dengan Penyuluh Kehutanan dimana hasil-hasil penelitian oleh Litbang Kehutanan dapat disampaikan langsung oleh Penyuluh kepada masyarakat di lapangan.

Menteri Kehutanan juga menilai Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan ini merupakan momentum yang penting dan strategis dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan jiwa korsa rimbawan sesuai dengan tema “Menuju Penyuluh Kehutanan yang Kompeten dan Professional” sangat tepat karena membangun kehutanan yang berkelanjutan sangat membutuhkan SDM Penyuluh Kehutanan sebagai agen pembaharuan yang kompeten dan professional.

Dalam kesempatan ini Menteri Kehutanan mendampingi Menteri Perekonomian selaku Ketua Badan Koordinasi Nasional Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Karya Inovasi Baru/Teknologi Tepat Guna, Lomba Seri Foto Hasil Penyuluh Kehutanan serta bantuan modal kepada Unit Percontohan Penyuluhan Kehutanan (UPPK). Kegiatan lainnya Menhut dan Menko melakukan penanaman pohon serta pelepasliaran beberapa jenis burung yang diikuti oleh tamu undangan lainnya dilanjutkan meninjau pameran teknologi tepat guna hasil karya penyuluh-penyuluh kehutanan seluruh Indonesia. (bn)

* Menteri Kehutanan Kunjungan Kerja ke Mesuji, Lampung (2013-05-13) * Microsoft dan ADB Rancang Pameran Apps For Asia (2013-05-09) * SGI Cari Calon Guru Model (2013-05-07) * Mongolia Tertarik Investasi di Indonesia (2013-05-03) * Anak Perusahaan Trikomsel Terbitkan Obligasi SGD 115 Juta (2013-05-01)

Laporan Kunjungan Kerja Menteri Kehutanan dan Menteri Perekonomian ke | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *