Sukanto Tanoto, Tamatan SD Yang Berubah Jadi Miliarder

Sukanto Tanoto, Tamatan SD Yang Berubah Jadi Miliarder

Sukanto Tanoto, Tamatan SD Yang Berubah Jadi Miliarder

Sukanto Tanoto, Tamatan SD Yang Berubah Jadi Miliarder

Minggu, 09 Juni 2013 14:31

Konglomerat Raja Garuda Emas, Sukanto Tanoto, tercatat sebagai orang terkaya kelima di Indonesia versi Forbes. Catatan kekayaan bersihnya ditaksir mencapai 2,8 miliar dollar AS. Pria yang kini bertempat tinggal di Singapura ini memiliki aset hingga 12 miliar dollar AS. Tapi tahukah Anda, kalau ternyata Sukanto Tanoto itu ternyata hanya seorang tamatan sekolah dasar.

Namun, gagal di sekolah formal tak membuat Sukanto Tanoto patah semangat. Dia terus mengasah kemampuan bisnisnya, hingga saat ini Sukanto mampu meraup kekayaan bersih hingga 12 miliar dollar AS. Dari data yang diperoleh sejumlah sumber, kekayaan Sukanto Tanoto tersebut diperoleh dari sejumlah usaha. Sukanto merupakan pemilik perusahaan Asia Pacific Resources International Ltd (APRIL) yang bergerak di bidang industri kertas.

Ia juga mempunyai perusahaan minyak sawit Asian Agri. Operasi perusahaannya tidak sekadar berekspansi di dalam negeri. Dengan perusahaan di bidang agribisnisnya, Sukanto merambah China dan Brazil. Perusahaan Pacific Oil & Gas miliknya pun baru-baru ini mengumumkan untuk meluncurkan proyek LNG (Liquid Natural Gas). Sebuah proyek yang bekerja sama dengan dua mitra China, di Provinsi Jiangsu, China.

Untuk diketahui saja, pria yang tercatat sebagai anggota Asia Executive Advisory Board of Wharton dan Insead International Council ini tidak menyelesaikan pendidikannya saat berumur 17 tahun. Ia tidak melanjutkan studinya untuk membantu keluarganya. Bahkan kemampuan berbahasa Inggris tidak diperolehnya dari pendidikan formal.

Ia belajar bahasa utama di dunia itu secara otodidak dengan menerjemahkan media Readers’ Digest, Life dan Newsweek. (bn)

  //


Another articles:

* Sandiaga Uno, Memulai Bisnis di Saat Krisis (2012-12-26) * Harsudi Supandi, Pelopor Bisnis Teknologi Geo-Coal di Indonesia (2012-07-03) * Rohmad Hadiwijoyo, Ki Dalang yang Sukses Berbisnis Migas (2012-06-08) * Berani Gagal, Berani Tanggung Jawab (2012-03-29) * Tessar, Membuka Peluang Usaha Melalui Green Flame (2011-10-23)

Sukanto Tanoto, Tamatan SD Yang Berubah Jadi Miliarder | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *