Jadi Jutawan Berkat Sandal Jepit

Jadi Jutawan Berkat Sandal Jepit

Jadi Jutawan Berkat Sandal Jepit

Jadi Jutawan Berkat Sandal Jepit

Selasa, 11 Juni 2013 08:44

Pada usia 15 tahun, kebanyakan anak perempuan seumurnya baru belajar tentang fesyen. Namun Madison Robinson sudah mantap di jalurnya untuk menjadi seorang jutawan berkat desain cerdik dari sandal jepit bercahaya yang diperuntukkan untuk anak-anak.

Remaja putri, dari Galveston Island, Texas, Amerika Serikat ini muncul dengan ide sandal jepit ikan (Fish Flops) pada usia delapan tahun.

Dengan bantuan ayahnya, serta beberapa pembiayaan dari teman dan kerabatnya dia mampu mengubah gambar ke dalam sampel produk dan menjual ide itu ke pengecer di berbagai pameran perdagangan.

Dan tampaknya pengecer sendiri tidak bisa mendapatkan cukup sandal berwarna cerah seperti itu. Sudah lebih dari 30 toko meminta pesanan termasuk Nordstrom dan Macy’s kepada Madison.

“Ini menarik. Saya tidak berpikir [Fish Flops] akan muncul sepanjang jalan sejauh ini. Saya pikir mereka hanya akan tinggal di butik, tapi sekarang mereka ada di Nordstrom,” ujarnya seperti dilansir dari Pikiran Rakyat.

Dia mengungkapkan bahwa awalnya dia membuat pendekatan pada pengecer melalui surat, dan menciptakan serangkaian desain khusus yang dapat dijual di toko-toko di seluruh AS.

Sekarang dia melakukan hal yang sama untuk toserba Macy’s, setelah pembeli memintanya untuk membuat model untuk wanita dewasa.

Sandal rancangan Madison ini dijual sekitar US$ 25 sepasang, dan, hanya dua tahun sejak diluncurkan secara resmi oleh perusahaan ini, lebih dari 60.000 pasang telah terjual, menghasilkan penjualan ritel setidaknya senilai US$ 1,2 juta.

Setiap pasang sandal ini disertai dengan label foto Madison dan pesan yang menjelaskan bagaimana idenya lahir. “Pada tahun 2006, aku punya ide untuk membuat sandal jepit yang menunjukkan cinta saya pada berenang, memancing, dan menggambar,” tulisnya.

“Saya harap Anda memakainya, mencintainya dan membaginya dengan teman-teman Anda dan saya berharap mereka membuat Anda tersenyum.” jelasnya.

Madison, yang akan memulai sekolahnya di kelas 10 musim gugur mendatang, selalu terlibat dalam setiap tahap bisnis Fish Flops.

Dia menggambar sendiri semua desainnya dan memilih kombinasi warna digital, namun ia juga telah belajar bagaimana untuk kemasan pengiriman, stok gudang, menjelaskan harganya, memandu dalam pameran, dan membuat promosi penjualan.

Namun tampaknya dia memiliki bakat tertentu untuk pemasaran melalui media sosial. Berkat akun Twitter-nya, dia berhasil menangkap ketertarikan putri Nancy O’Dell pembawa acara Entertainment Tonight, selain juga Tony Little dari toko kebugaran HSN.

Dia mengakui bahwa usahanya telah membantu mengasah beberapa kecakapan dalam hidupnya, seperti berbicara di depan publik, berkat pengalaman menjelaskan produknya di pameran industri dan membuat presentasi pada para pembeli di toko swalayan.

Dia juga belajar kesabaran. Bagian terburuk dari bisnis, kata Madison, adalah menunggu toko untuk memutuskan apakah ingin memajang barang dagangannya di rak-rak mereka.

Madison telah menyisihkan keuntungannya yang cukup untuk menutupi biaya kuliahnya, berkat keputusan bijaksana ayahnya ia tidak diizinkan untuk menghabiskan semuanya.

“Ayah saya tidak akan membiarkan saya menyentuh uang itu,” akunya. “Ini untuk kuliah.”

Dia telah berencana untuk belajar bisnis di perguruan tinggi, dan sudah memiliki rencana besar di luar Fish Flops. “Akhirnya saya ingin melakukannya sendiri,” katanya. (as/img:memobee)

* Baru 13 Tahun, Jordan Sudah Punya Perusahaan IT Sendiri (2013-06-05) * Thomas Thurlow: Bisnis Buku Eksklusif Bertandatangan Penulis Asli (2013-05-14) * Louis Barnett: Dirikan Bisnis Coklat Skala Global dari Usia 12 (2013-04-25) * Delapan Wirausaha Sukses Termuda di Dunia (2013-04-23) * Ben Casnocha, Raih Entrepreneur of The Year di Usia 17 Tahun (2013-03-04)

Jadi Jutawan Berkat Sandal Jepit | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *