Dulu Di-PHK Pabrik Sepatu, Kini Karjono Jadi Juragan Sepatu

Dulu Di-PHK Pabrik Sepatu, Kini Karjono Jadi Juragan Sepatu

Dulu Di-PHK Pabrik Sepatu, Kini Karjono Jadi Juragan Sepatu

Dulu Di-PHK Pabrik Sepatu, Kini Karjono Jadi Juragan Sepatu

Kamis, 13 Juni 2013 14:36

Produk sepatu dan sandal kulit merek Malis sudah banyak dikenal orang. Merek tersebut bisa dibilang merupakan penguasa pasar untuk produk sepatu kulit di Jawa Tengah saat ini. Sebagian orang mungkin mengira produk tersebut berasal dari Cibaduyut, Bandung yang memang lebih dulu dikenal sebagai sentra produksi sepatu.

Namun siapa sangka produk Malis ternyata buatan warga Desa Wringinjajar RT 5/RW 5 Kecamatan Mranggen, Semarang. Korban PHK perusahaan sepatu bernama Karjono adalah produsen sepatu dan sandal kulit bermerek Malis tersebut. Mantan karyawan salah satu perusahaan sepatu ternama di Kota Semarang itu merintis usahanya sejak 2000. Saat itu, perusahaan yang telah berpuluh tahun menjadi tumpuan hidupnya mengalami kebangkrutan akibat dampak krisis moneter.

Bapak dua anak itu berhasil mengubah kondisi pahit yang dihadapinya menjadi peluang emas yang bisa membuatnya meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

âUang hasil penjualan barang-barang berharga terkumpul Rp 75 juta dan saya jadikan modal usaha,â ujarnya seperti dilansir Suara Merdeka.

Merintis usaha dengan merek yang belum dikenal tidak membuat suami Jumiah ini menyerah pada keadaan. Sekitar empat tahun pertama itulah usahanya mengalami jatuh bangun.

Satu prinsip yang senantiasa dia pegang teguh yakni harus bertahan. Karjono merasa memproduksi sepatu adalah hasratnya. Hal itu berhasil ia buktikan. Dengan dibantu lima orang karyawan, Karjono mampu memproduksi sepatu berbahan dasar kulit sapi sedikitnya 50 pasang per bulan.

Produk tersebut dipasarkan di koperasi-koperasi perusahaan. Wilayah pemasaran produk menjangkau Pacitan, Wonogiri, Gunungkidul, Boyolali, Kendal, Semarang, Demak, Ku­dus, Jepara, hingga Pati.

Karjono mampu membuat beragam model sepatu dan sandal untuk kaum perempuan serta laki-laki. Harga sepatu wanita dibanderol mulai Rp 150.000-Rp 225.000 per pasang. Sedangkan sepatu laki-laki mulai Rp 200.000-Rp 300.000 per pasang. (as)

* Dulu Tukang Sol, Kini Jadi Juragan Sandal (2013-06-05) * Buntoro dan Obsesi Tentang Motor Nasional (2013-06-04) * Kisah Sukses Deddy Kembangkan Bisnis Pakaian Anak (2013-05-27) * Dulang Rupiah dari Bisnis Perlengkapan Taman (2013-05-24) * Makin Makmur dengan Kreasi Tas (2013-05-17)

Dulu Di-PHK Pabrik Sepatu, Kini Karjono Jadi Juragan Sepatu | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *