L. L. Beans: Merek Klasik yang Tetap Digemari Selama 98 Tahun

L. L. Beans: Merek Klasik yang Tetap Digemari Selama 98 Tahun

L. L. Beans: Merek Klasik yang Tetap Digemari Selama 98 Tahun

L. L. Beans: Merek Klasik yang Tetap Digemari Selama 98 Tahun

Selasa, 18 Juni 2013 16:04

Jika menurut banyak orang, busana yang trendi dan laris adalah jenis busana yang desainnya terus berubah setiap tahun, mungkin merek busana satu ini akan membuat mereka berubah pikiran. L. L. Beans terbukti bertahan di antara gempuran pesaing dengan tetap setia pada desain klasik yang diusungnya selama hampir satu abad.

Demikianlah kisah LL Bean, klasik Amerika-merek lahir dan dibesarkan di Maine. Menjual “perlengkapan outdoor bagi seluruh keluarga,” termasuk pakaian rapi dan produk berkemah dibuat dengan baik yang belum berubah secara radikal dalam desain selama bertahun-tahun, dan masih melakukan hal-hal cukup banyak seperti dulu ketika Bean, demikian sebagian besar fans menyebutnya, diluncurkan sembilan puluh delapan tahun yang lalu.

Itu dalam hal desain, tetapi dengan caranya sendiri, LL Bean sebenarnya telah terus memperbarui diri dengan waktu, mengubah cara pemesanan via telepon ke media online. Tapi apa yang tidak berubah, dan kemungkinan tidak akan pernah, adalah layanan pelanggan legendaris perusahaan (termasuk jaminan produk seumur hidup), yang baru-baru ini menerima sejumlah rating satu dari Bloomberg Businessweek. Penghargaan yang sebagian besar karena apa yang dilakukan Beans di dunia maya secara berkelanjutan untuk mengembangkan citra bisnisnya.

Menurut BusinessWeek, LL Bean akan mencapai tonggak tahun ini karena penjualan online-nya melampaui jumlah pemesanan melalui katalog tradisional, menggerakkan bisnis setara dengan $ 1,5 milyar per tahun. BusinessWeek mengatakan: Akan selalu menjadi tantangan bagi pengecer untuk menjual ratusan produk dalam kategori yang berbeda melalui Web, tapi LL Bean melakukannya dengan baik. Website perusahaan ini menjadi contoh efisiensi. Sebuah area yang menonjol di atas halaman rumah memajang 150 produk baru (mencegah kebosanan atas lini produk yang stagnan). Berikut adalah lima isyarat visual untuk kategori utama situs: Kayaking & Berkano, Bersepeda, Camping & Hiking, Pakaian dan alas kaki. Jelas, lini produk ini dirancang untuk menarik segmen segmen konsumen kunci LL Bean, yang telah diteliti dan dianalisis dengan hati-hati.

Juga di halaman depan situs web LL Beans adalah sebuah blok yang mempromosikan baris baru yang disebut Koleksi Khas LL Bean, yang mengarah ke situs web yang benar-benar terpisah. Pengunjung dapat melihat situs baru dan pelanggan mungkin berpikir dia telah memasuki ‘alam semesta yang terpisah’ dan terpisah dari Bean yang tradisional. Model yang jelas muda dan trendi, tidak seperti rata-rata usia pelanggan LL Bean yang sudah mencapai kisaran 50 tahun.

Memang, Koleksi Khas LL Bean adalah upaya terbaru untuk menyegarkan diri dan menarik konsumen muda yang mungkin sudah berbelanja untuk busana yang rapi dan klasik di J. Crew atau pengecer saingan lain – langkah strategis yang dirancang untuk mencari cara baru meraih tingkat pertumbuhan di masa yang penuh tantangan. Meskipun mungkin agak berisiko, Koleksi Khas Bean adalah simbol dari fakta bahwa LL Bean tidak pernash merasa puas untuk berpangku tangan setelah memenangkan persaingan di medan pertempuran sebelumnya.

Untuk merancang Koleksi Signature, Bean menggandeng Alex Carleton, yang bekerja untuk Polo Ralph Lauren dan Abercrombie & Fitch. Carleton telah kembali untuk merevitalisasi lini produk Bean. Carleton mengatakan Koleksi Khas Bean memiliki “metodologi unik menyandingkan sejarah LL Bean … dengan ide-ide desain modern. “

LL Bean melakukan sesuatu yang lain yang tidak lazim bagi perusahaan Amerika. Perusahaan ini tetap tidak mau menggunakan strategi outsourcing di luar negeri, termasuk call center-nya. Ketika perusahaan terpaksa menutup call center di Maine karena menurunnya volume order telepon, Bean menawarkan banyak karyawan pusat kesempatan untuk bekerja dari rumah. Itu karena LL Bean memperlakukan karyawan seperti keluarga, menawarkan manfaat seperti perawatan kesehatan dan pensiun – yang semakin langka di AS hari ini. LL Bean juga memiliki basis konsumen yang setia yang membuatnya menjadi merek terpercaya dari generasi ke generasi dan bahkan di era online.

Tidak diragukan lagi bahwa Leon Leonwood Bean, pendiri toko LL Bean dahulu, akan bangga dengan sikap perusahaan tersebut terhadap karyawan dan pelanggannya. (berbagai sumber/ *Akhlis)

* The Home Depot: Utamakan Pelanggan dengan Motto “Whatever It Takes” (2013-06-17) * Kisah Sukses Uniqlo di Pasar Ritel Pakaian Dunia (2013-06-13) * Nivea: Brand dengan Resep Rahasia Berusia Seabad (2013-06-11) * Produk-Produk Amerika Yang Sukses Di Pasar Global (2013-06-03) * Starbucks: Jaringan Kedai Kopi AS yang Mendunia (2013-05-28)

L. L. Beans: Merek Klasik yang Tetap Digemari Selama 98 Tahun | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *