Kemarahan Publik Terhadap BLSM Aneh

Kemarahan Publik Terhadap BLSM Aneh

Kemarahan Publik Terhadap BLSM Aneh

Kemarahan Publik Terhadap BLSM Aneh

Kamis, 20 Juni 2013 14:08

Menteri Keuangan Chatib Basri mengganggap aneh penolakan dan kemarahan publik yang muncul akibat rencana pemerintah memberikan kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) melalui program bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

“Dengan harga BBM Rp4.500 pemerintah memberikan Rp150 ribu per hari kepada orang mampu yang punya mobil, kemudian memberikan Rp150 ribu per bulan untuk orang miskin kok marah?,” kata Chatib Basri usai rapat koordinasi perekonomian di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis.

Chatib mengatakan harga BBM di tingkat internasional saat ini mencapai Rp9.500. Apabila harga BBM di dalam negeri Rp4.500, berarti ada selisih yang diberikan pemerintah berupa subsidi sebesar Rp5.000.

Apabila dalam sehari mobil mengonsumsi BBM bersubsidi sebanyak 20 liter hingga 30 liter, berarti dalam sehari pemerintah memberikan Rp150 ribu kepada orang kaya pemilik mobil.

Karena itu, dia mengganggap aneh apabila saat ini ada pihak yang menolak pemerintah memberikan bantuan kepada orang tidak mampu.

“Jadi bagaimana rasa keadilan?” tanyanya.

Pemerintah akan segera menaikkan harga BBM bersubsidi setelah Rancangan Undang-Undang APBN Perubahan disetujui DPR. Dalam APBN-P tersebut, pemerintah mengalokasikan dana untuk kompensasi kenaikan BBM bersubsidi bagi rakyat tidak mampu.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa yang ditemui usai rapat koordinasi itu belum bersedia menjawab saat ditanya kapan harga BBM akan resmi dinaikkan. “Tunggu saja. Tunggu saja,” ujarnya.

Kompensasi kenaikan harga BBM dialokasikan untuk melindungi rakyat tidak mampu akibat gejolak ekonomi yang mungkin terjadi akibat kenaikan harga BBM.

Kompensasi yang diberikan pemerintah adalah beras miskin (raskin), program keluarga harapan (PKH), beasiswa siswa miskin (BSM) dan BLSM sebesar Rp150 ribu per KK per bulan selama empat bulan. (ant/as)

* Fesyen dan Kerajinan Dominasi Kontribusi Ekonomi Nasional (2013-06-18) * Gervikan Akan Dorong Penggunaan Vaksin Ikan (2013-06-17) * Pemerintah Jamin Stabilitas Harga Pangan (2013-06-12) * Daerah Diminta Hati-hati Keluarkan Izin Lahan (2013-06-11) * Pemerintah Jamin Pasokan BBM Jelang Kenaikan Harga (2013-06-10)

Kemarahan Publik Terhadap BLSM Aneh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *