Melon: Perangkat yang Mampu Catat Puncak Performa Kognitif Anda

Melon: Perangkat yang Mampu Catat Puncak Performa Kognitif Anda

Melon: Perangkat yang Mampu Catat Puncak Performa Kognitif Anda

Melon: Perangkat yang Mampu Catat Puncak Performa Kognitif Anda

Jumat, 21 Juni 2013 08:46

Susah berkonsentrasi saat harus bekerja dengan maksimal? Bisa ajdi itu karena Anda tidak bekerja di waktu yang paling sesuai. Seseorang biasanya memiliki waktu terbaik mereka sendiri untuk bekerja, Di waktu itulah, konsentrasinya bisa dicurahkan secara maksimal sehingga hasil terbaik didapatkan.

Untuk mengatasi masalah itu, sebuah perangkat dibuat. Perangkat bernama “Melon” ini merupakan contoh lain dari teknologi, yang memiliki kemampuan untuk melacak tingkat fokus pengguna untuk memberikan data mengenai kemampuan fokus dalam satu hari untuk menemukan waktu terbaik bagi mereka untuk bekerja.

Bentuk Melon mirip dengan cincin karet yang berdesain tipis yang telah dirancang dan dikembangkan agar terasa nyaman dikenakan di kepala selama kegiatan mulai dari latihan, belajar, bekerja dan mendengarkan musik. Selama menjalankan seluruh kegiatan ini, Melon menggunakan sebuah sensor EEG untuk memantau gelombang otak dan mendeteksi ketika pikiran difokuskan.

Pengguna memulai sesi melalui aplikasi smartphone pendamping, memasukkan jenis kegiatan, lokasi mereka, apa musik mereka mendengarkan, apakah mereka dengan orang lain atau sendirian, dan apa emosi yang mereka rasakan pada saat itu. Bila data yang cukup dikumpulkan, aplikasi ini bisa melukis gambaran yang akurat yang lingkungan pengguna paling nyaman untuk masuki.

 Pengguna dapat melihat tren berdasarkan data – misalnya, aplikasi dapat menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik baik untuk fokus saat bekerja di malam hari, atau berolahraga dengan teman-teman lebih stres daripada ketika sendirian. Ia juga menawarkan saran untuk membantu pengguna rileks atau berkonsentrasi ketika perangkat Melon itu mendeteksi bahwa si pemakai mungkin membutuhkannya.  (Springwise/ *Akhlis)

* Huawei Luncurkan Smartphone Tertipis Ascend P6 (2013-06-20) * Pendeteksi Kanker Kulit yang Diilhami dari Astronomi (2013-06-20) * China Desain Superkomputer Tianhe-2 (2013-06-19) * AMD Siap Luncurkan Chip ARM Pertamanya (2013-06-18) * Google Luncurkan Balon Internet (2013-06-17)

Melon: Perangkat yang Mampu Catat Puncak Performa Kognitif Anda | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *