Stacey Ferreira: Pendiri MySocialCloud yang Didanai US$ 1 Juta oleh

Stacey Ferreira: Pendiri MySocialCloud yang Didanai US$ 1 Juta oleh

Stacey Ferreira: Pendiri MySocialCloud yang Didanai US$ 1 Juta oleh Richard Branson

Stacey Ferreira: Pendiri MySocialCloud yang Didanai US$ 1 Juta oleh Richard Branson

Jumat, 21 Juni 2013 13:56

Stacey Ferreira memang baru lulus sekolah menengah tetapi ia juga entrepreneur yang gigih. Startupnya MySocialCloud beberapa waktu lalu sukses mendapatkan investasi 1 juta dollar dari miliarder dan entrepreneur kawakan Richard Branson. Bagaimana ia bisa mendapatkan pendanaan dari sang entrepreneur sukses? Berikut petikan kisahnya.

Setelah crash, komputer adiknya benar-benar rusak. “Selamat tinggal gambar, perangkat lunak selamat tinggal dan dokumen,” ucap Stacey. Saat ia sedang memulihkan semua username dan password yang sebelumnya disimpan dalam excel spreadsheet di komputer, keduanya mulai berbicara tentang ide-ide gila dan solusi untuk masalah yang mereka hadapi. “Kami tahu bagaimana melakukan coding. Tapi kenapa kamitidak bisa membangun sebuah platform online untuk menyimpan username dan password (salah satu yang mudah digunakan dan gratis bagi kami)?” tuturnya kritis. Inilah yang mendorongnya mendirikan MySocialCloud.

Tak lama setelah musibah komputer tersebut dan melakukan brainstorming, ia lulus SMA dan pindah ke Los Angeles dengan sang adik tempat mereka enyewa sebuah apartemen kecil di South Central, LA. “Saya dan adik saya, bersama dengan teman kami Shiv Prakash, memutuskan untuk menghabiskan musim panas untuk membangun pengelola kata kunci online ini yang kami sebut, MySocialCloud,” paparnya. Nama itu diambil secara acak dari daftar domain kakak Stacey. “Dan setelah saya melihat tweet dari Sir Richard Branson yang meminta orang untuk menemuinya dari seluruh negeri dan menyumbangkan $ 2.000 untuk bertemu dengannya – hidup kami berubah,” ujar Stacey.

Stacey meminjam $ 4000 dari orang tuanya untuk menyumbang pada Branson dan terbang lintas negara selama 48 jam kemudian dalam rangka memenuhi undangan Sir Richard Branson di ruang bersama 18 orang lainnya di Versace Mansion di Miami, Florida. “Setelah menceritakan kisah kami dan tentang MySocialCloud, kami berbicara dengan seorang temannya, Jerry Murdock, dua minggu kemudian. Dalam waktu dua bulan dari pertemuan awal di Miami, Jerry berdiri di kantor kami dan memberitahu kami bahwa baik dia dan Branson akan menginvestasikan sekitar $ 1 juta dalam pendanaan fase awal bisnis kami. Dan hari ini, dua belas bulan kemudian, setelah banyak kerja keras, bergegas dan dedikasi, kami memiliki tim yang luar biasa, produk berfungsi penuh, dan banyak pelajaran,” terang Stacey panjang lebar. Berikut adalah lima pelajaran yang Stacey petik selama dua tahun terakhir membangun MySocialCloud.

Banyak orang mengatakan, berkumpullah dengan orang-orang pintar. Tapi ternyata Stacey menemukan bahwa banyak orang yang lebih pintar darinya dalam topik yang ia tahu ia sama sekali tak tahu menahu (yaitu mereka yang bekerja di industri makanan, mobil, manufaktur dan penerbangan helikopter) dan ia lebih cerdas daripada beberapa orang dalam hal topik lain (misalnya memulai bisnis , pemasaran, dll). “Saya, serta banyak pengusaha lain, hanya memiliki rasa lapar untuk belajar yang berlaku tidak hanya untuk industri saya saat ini, jadi saya selalu mencoba untuk berkumpul dengan orang-orang yang bisa memberikan banyak pelajaran bagi sayai – tidak peduli apakah mereka petugas kebersihan atau CEO dari perusahaan besar 500 Fortune.”

Menurut Stacey, itu bukan masalah besar bagi entrepreneur. “Saya telah belajar bahwa dalam memulai bisnis, hal-hal tidak berjalan sesuai rencana lebih sering daripada yang sesuai – perkenalan kepada orang-orang saya pikir dapat membantu saya dan bisnis saya ini malah gagal dan nihil, acara dan pertemuan bisa dibatalkan dan jadwal rilis produk tidak selalu  terpenuhi. Belajar untuk menghadapi hal-hal yang di luar rencana, tidak merasa terlalu stres jika gagal dan tahu bahwa semuanya akan baik-baik saja sangat penting,” paparnya.

Ini klise, tapi benar: “Ini bukan tentang apa yang Anda tahu, ini tentang siapa yang kamu kenal.” Koneksi adalah segalanya.  Mereka membantu Anda mendapatkan perkenalan kepada karyawan terbaik, investor terbaik dan teman terbaik. Jadi selalu bangunlah koneksi.

“Ketika saya pertama kali mulai MySocialCloud dengan Scott, saya tidak punya keseimbangan kerja / hidup. Saya putus dengan seorang pria baik yang menjadi pacar saya, pindah ke negara bagian yang berbeda dan tidak melakukan apa pun tetapi bekerja selama empat bulan berturut-turut sebelum pergi ke perguruan tinggi dan bekerja penuh waktu,” kisahnya. Mulanya semua berjalan baik sebelum ia menyadari bahwa 2 tahun berturut-turut semua pekerjaan di startup bisa membuat keseimbangan hidup hilang tanpa terasa. Jadi temukan keseimbangan itu dengan tetap berhubungan baik dengan orang-orang yang terkasih dan menyisihkan waktu untuk menikmati hidup.

“Salah satu penyesalan terbesar saya adalah bahwa saya tidak mencatat setiap malam sebelum tidur tentang cara saya membangun bisnis. Sekarang, orang selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang saya lakukan ketika saya dan adik saya pertama kali memulai bisnis atau bagaimana semua ini bisa tercapai. Dan meskipun itu hanya dua tahun dan saya masih punya catatan dari beberapa peristiwa besar dan kejadian yang signifikan, saya sudah lupa banyak rincian dan bagaimana saya merasa, yang mungkin telah menjadi bagian yang paling menarik dari cerita kalau saja saya menuliskannya dalam catatan pribadi,” Stacey berkata. Mungkin kini entrepreneur juga perlu membuat jurnal bisnis sehingga kelak mereka tidak lupa dengan segala kesuksesan, kegagalan dan detil-detil yang tidak ternilai selama mendirikan, menjalankan dan membesarkan usaha baru mereka. (*Akhlis)

* Mary Kay Ash: Entrepreneur Wanita Paling Berpengaruh di Abad 20 (2013-06-17) * Zhang Yin, Pelopor Bisnis Pengolahan Limbah (2013-06-07) * Lima CEO Paling Cantik di Dunia (2013-05-29) * Tinggalkan Google untuk Berbisnis Sendiri (2013-05-28) * Olivia Lum, Ratu Bisnis Air Mineral dari Singapura (2013-05-18)

Stacey Ferreira: Pendiri MySocialCloud yang Didanai US$ 1 Juta oleh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *