Ross Perot: Dari Karyawan IBM, Jadi Entrepreneur Plus Negarawan

Ross Perot: Dari Karyawan IBM, Jadi Entrepreneur Plus Negarawan

Ross Perot: Dari Karyawan IBM, Jadi Entrepreneur Plus Negarawan

Ross Perot: Dari Karyawan IBM, Jadi Entrepreneur Plus Negarawan

Senin, 24 Juni 2013 12:11

Lahir di Texas pada tahun 1930, Ross Perot banyak dikenal sebagai salah satu kandidat presiden independen paling sukses dalam sejarah Amerika. Dari tahun 1957 hingga 1962, Perot bekerja untuk IBM. Setelah itu, ia membentuk perusahaan sendiri, Electronic Data Systems, yang dijual kepada General Motors pada tahun 1984 sebesar $ 2,5 miliar. Pada tahun 1992, Perot maju sebagai calon independen untuk presiden AS, memenangkan hampir 19 persen suara rakyat. Dia mencalonkan lagi pada tahun 1996. Partai Reformasi, yang ia didirikan pada tahun 1995, secara bertahap membentuk otonominya darinya. Perot telah menulis beberapa buku, termasuk Ross Perot: My Life & Prinsip untuk Sukses dan United We Stand. Ia mengumumkan pada 2012 bahwa ia akan merilis otobiografi, Ross Perot: My Life, pada Januari 2013.

Perot lahir di Texarkana, Texas, pada tanggal 27 Juni 1930. Ia menjadi salah satu pengusaha terkemuka negara dan kemudian salah stau sosok dengan kekuatan politik yang harus diperhitungkan. Dia punya beberapa pesona dan ketajaman bisnis dari ayahnya Gabriel Ross Perot. Ayahnya mengelola sebuah perusahaan grosir kapas dan memiliki usaha lain. Perot adalah anak ketiga pasangan itu, tapi kakaknya, Gabriel Ross Perot Jr, meninggal sebagai balita. Dia juga memiliki seorang kakak perempuan bernama Bette.

Awalnya ia bernama Henry Ray Perot, tetapi kemudian mengubah namanya menjadi Henry Ross Perot di awal remaja. Perot dekat dengan ayahnya, dan perjalanan mereka ke pelelangan ternak berperan penting dalam mengasah bakatnya berjualan. Menurut Ken Gross dalam karyanya “Ross Perot: The Man Behind the Myth”, ia mulai membeli dan menjual pelana dan peralatan lainnya, dan binatang. “Saya adalah apa yang mereka sebut sebagai day trader,” pernah berkata Perot. “Kau akan membelinya di pagi hari dan menjualnya di sore hari dan membuat keuntungan beberapa dolar jika Anda beruntung.” Perot juga bekerja sebagai pengantar koran.

Pada tahun 1949, Perot terdaftar di Amerika Serikat Naval Academy di Annapolis, Maryland. Di sana ia berkembang, menjabat sebagai ketua kelas di kedua SMP dan tahun senior. Selama waktu ini, Perot bertemu istrinya Margot. Pasangan itu akhirnya menikah pada tahun 1956, dan akhirnya memiliki lima anak bersama-sama.

Setelah meninggalkan Angkatan Laut AS pada tahun 1957, Perot kembali ke Texas bersama istrinya. Dia segera menggunakan keterampilan penjualannya yang kuat untuk bekerja sebagai karyawan IBM. Perot memutuskan untuk keluar dan mendirikan usaha sendiri setelah beberapa tahun bekerja di sana. Terbentuklah Electronic Data Systems pada tahun 1962. Perusahaan baru ini  menyediakan layanan sistem pengolahan data dan jasa.

Apa yang dimulai sebagai perusahaan individu itu berkembang menjadi bisnis yang besar. Pada tahun 1968, Perot menjadi jutawan ketika ia sukses membuat EDS go public. Nilai-nilai sahamnya tumbuh pesat, akhirnya membuatnya miliarder. Di luar bisnis, Perot aktif dalam isu-isu yang berkaitan dengan tawanan perang dan tentara yang hilang dalam aksi dalam Perang Vietnam. Ia juga mengatur sebuah penyelamatan yang berani ketika dua karyawan sendiri disandera di Iran pada tahun 1979.

Pada tahun 1984, General Motors membeli saham mayoritas di EDS. Kesepakatan awal yang disediakan Perot dengan uang tunai dan saham GM, dan ia menjadi seorang kritikus vokal dari mitra bisnis barunya.

Dua tahun kemudian, Perot menjual saham GM nya kembali ke perusahaan atas permintaan mereka. Dia segera memulai perusahaan bisnis baru yang disebut Perot Systems.

Dengan sikapnya yang vokal dalam dunia politik, Perot memutuskan untuk melangkah dari pinggir lapangan dan masuk ke tindakan di musim semi 1992. Dia kecewa di Presiden George Bush dan tidak menyukai salah satu kandidat Demokrat potensial.

Kampanyenya tampaknya mengumpulkan momentum seiring dengan memanasnya dunia politik. Perot mempromosikan dirinya sebagai seorang reformis, membangun kesuksesannya dengan sistem Pendidikan Publik Texas pada 1980-an. Namun, pada bulan Juli, ia keluar dari kompetisi, kemudian mengklaim bahwa Partai Republik memiliki rencana untuk mempermalukan putrinya Carolyn sebelum pernikahannya. Menurut The New York Times, Perot percaya bahwa kampanye Bush akan memulai rumor tentang seksualitas putrinya.

Perot kembali ke pencalonan pada bulan Oktober dengan hanya beberapa minggu tersisa sebelum pemilu. Meskipun terjadi kemunduran ini, ia berhasil mengumpulkan hampir 19 persen suara populer. Perot adalah calon independen pertama sejak Teddy Roosevelt pada tahun 1912 yang menerima persentase suara yang cukup besar dari rakyat. Masih bagian terbesar pemilih memilih Demokrat Bill Clinton. Perot berhadapan melawan Clinton lagi pada tahun 1996, namun kampanyenya gagal untuk memenangkan banyak dukungan publik.

Perot pensiun dari kegiatan bisnis sehari-hari di Perot Systems pada tahun 2000, tapi ia tetap menjabat sebagai ketua perusahaan. Putranya, Ross Jr, mengambil kendali bisnis. Bisnis itu kemudian dijual ke Dell pada tahun 2009.

Dalam pensiun, Perot telah menulis sejumlah buku. Dia berbagi beberapa filosofi bisnis di tahun 2002 “Ross Perot: My Life & The Principles for Success” (*Akhlis).

* Ilmu Negosiasi Bisnis dari Steve Jobs (2013-06-24) * Partners for Youth Empowerment: Rombak Masyarakat dengan Berikan Mentor bagi Generasi Muda (2013-06-21) * Howard Hughes: Miliarder Rupawan yang Tekuni Dunia Film (2013-06-20) * J.P. Morgan: Pengusaha Keuangan Paling Berpengaruh di Abad 20 (2013-06-19) * Russel Simmons, Sang Pendiri Def Jam Records (2013-06-14)

Ross Perot: Dari Karyawan IBM, Jadi Entrepreneur Plus Negarawan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *