Jimmy Wales: Entrepreneur Sosial Pendiri Wikia Inc

Jimmy Wales: Entrepreneur Sosial Pendiri Wikia Inc

Jimmy Wales: Entrepreneur Sosial Pendiri Wikia Inc

Jimmy Wales: Entrepreneur Sosial Pendiri Wikia Inc

Selasa, 25 Juni 2013 09:07

Jimmy Donal Wales yang dikenal dengan panggilan “Jimbo” lahir di Hunstville, Alabam, pada Agustus 1966. Ia mendirikan Wikia Inc pada tahun 2004 dan menjabat sebagai Ketua dan Presidennya. Wales adalah pendiri Wikimedia Foundation, Inc Dia adalah US pengusaha internet dan perintis wiki yang terkenal karena pendiri Wikipedia, sebuah kolaborasi ensiklopedia bebas internasional yang bersifat open-source  di Internet. Pada pertengahan 1990-an, Wales mendirikan portal pencarian disebut Bomis yang menjual konten asli, termasuk “Bomis Babes” bagian yang menyajikan konten erotika. Wales menjabat sebagai Presiden atau Kepala Eksekutif Bomis. Pada Maret 2000, ia mendirikan sebuah situs yang bernama Nupedia.com , sebuah ensiklopedia  dengan muatan konten terbuka (“ensiklopedia bebas”) dan peer-review (memungkinkan untuk diulas oleh rekan lainnya). Wales menjabat sebagai Direktur Socialtext Incorporated sampai dengan tanggal 15 Mei 2008. Wales menjabat sebagai Direktur Riset di Chicago Options Associates. Ia menjabat sebagai anggota dewan pengawas dari Wikimedia Foundation, Inc. Dia diangkat sebagai penerima dari Berkman Center for Internet and Society milik  Harvard School of Law  pada pertengahan 2005. Ia belajar di Auburn University dan kemudian, University of Alabama untuk studi sarjana. Wales menerima gelar Ph.D. dalam program keuangan di University of Alabama dan Indiana University. 

Seiring dengan pertumbuhan Wikipedia, begitu pula Wales. Majalah Time menamainya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di tahun 2006. Wales berbalik kontrol Wikipedia ke Wikimedia, sebuah organisasi non-profit, pada tahun 2003. Dia tetap bekerja sebagai pimpinan perusahaan yang berorientasi profit, Wikia Inc, yang menjadi hosting halaman web “wiki”. (*Akhlis)

* Project Migration Inc: Wirausaha Sosial Fenomenal di Afrika (2013-02-21) * Bekali Eks Napi dengan Ketrampilan Hidup dan Wirausaha (2012-09-25) * Granto, Gabungkan Game dengah Hibah Akademik (2012-07-19) * Zainab Salbi, Dedikasikan Hidup untuk Perempuan Korban Perang (2012-04-01) * Berdayakan Warga Miskin dengan Kredit Mikro (2012-03-30)

Jimmy Wales: Entrepreneur Sosial Pendiri Wikia Inc | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *