Korsel Dirikan Smart Hospital Pertama di Dunia

Korsel Dirikan Smart Hospital Pertama di Dunia

Korsel Dirikan Smart Hospital Pertama di Dunia

Korsel Dirikan Smart Hospital Pertama di Dunia

Kamis, 27 Juni 2013 09:30

Korsel terus menelurkan inovasi dalam berbagai bidang. Kini giliran inovasi di bidang pelayanan kesehatan.

Sebuah rumah sakit bernama Bundang Hospital Seoul National University di ibukota Korsel sekarang menawarkan sejumlah layanan utamanya melalui smart phone, yang sudah menjadi barang awam di kalangan pasien.

Bekerjasama dengan operator seluler SK Telecom, pengunjung rumah sakit pintar tersebut dapat mulai berinteraksi  secara digital dengan rumah sakit segera setelah mereka berjalan melalui pintu masuk. Mereka akan mendapatkan panduan melalui sebuah aplikasi, “Patient Guide” yang bisa diunduh dan digunakan di smart phone. GPS mendeteksi ketika mereka berada di tempat dan menggunakan catatan medis  elektronik dan data pasien yang relevan untuk menampilkan kembali informasi tentang janji dijadwalkan, lama waktu menunggu yang diharapkan dan biaya kesehatan yang dibebankan ke setiap pasien.

Pengguna dapat check-in untuk memberitahu dokter mereka bahwa mereka sudah ada di sana dan juga dapat membayar tagihan melalui aplikasi. Jika tidak ada janji yang telah dijadwalkan, pengguna dapat menavigasi ke departemen yang tepat melalui peta 3D.

rumah sakit ini juga telah menempatkan tablet 15-inci di samping setiap tempat tidur. Dengan perangkat ini, setiap pengguna dapat login ke dengan  tag RFID  contactless pada gelang pasien mereka. Perangkat ini dapat digunakan untuk melihat informasi rumah sakit, data medis pribadi, jadwal pengobatan dan fasilitas hiburan.

Apa yang disuguhkan oleh rumah Sakit Bundang Seoul National University adalah contoh bagaimana teknologi membuat pelayanan kesehatan dapat diberikan secara efisien dan hemat waktu, dan mempermudah pasien saat harus memeriksakan diri dan menjalani perawatan di rumah sakit. (SW/*Akhlis)

* Fujitsu Lifebook UH90 / L: Ultrabook Tertipis dengan Tebal 0,61 Inci (2013-06-25) * Superbetter: Aplikasi Penyembuh Cedera (2013-06-24) * Samsung Galaxy NX, Kamera Berbasis Android (2013-06-21) * Melon: Perangkat yang Mampu Catat Puncak Performa Kognitif Anda (2013-06-21) * Huawei Luncurkan Smartphone Tertipis Ascend P6 (2013-06-20)

Korsel Dirikan Smart Hospital Pertama di Dunia | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *