Perjalanan Heinz Selama 144 Tahun

Perjalanan Heinz Selama 144 Tahun

Perjalanan Heinz Selama 144 Tahun

Perjalanan Heinz Selama 144 Tahun

Kamis, 27 Juni 2013 14:48

Saat investor piawai Warren Buffett sepakat untuk membeli Heinz dalam sebuah akuisisi terbesar dalam industri makanan dunia, dipastikan keputusannya itu bukan berdasarkan selera pribadi semata. Apa yang membuat Buffett memutuskan mengakuisisi Heinz? Mari simak perjalanan Heinz yang sudah menginjak tahun ke 144.

Tahun 1869 menjadi saksi awal berdirinya Heinz. Dua pengusaha muda Amerika, Henry J Heinz dan L Clarence Noble, meluncurkan Heinz & Noble. Produk pertama mereka adalah parutan lobak berkualitas hasil jerih payah Henry yang dijual dalam kemasan kaca bening untuk menunjukkan kemurniannya. Lobak itu ditanam di sepetak kebun yang diberikan kepada Henry oleh orang tuanya.

Di tahun 1876,Henry ââmendirikan bisnis dengan dua relasinya, meluncurkan F & J Heinz Company, dengan Henry sebagai manajer. Di AS, mereka meluncurkan Heinz Tomato Ketchup diikuti dengan peluncuran di Inggris pada tahun 1886. Inilah pertama kalinya Heinz terjun dalam di dunia saos.

Sepuluh tahun kemudian (1886), geliat bisnis Heinz mulai terasa saat Henry menjual produk pertamanya ke toko makanan di London, Fortnum & Mason.

Tahun 1896, Heinz berada dalam perjalanan kereta bersejarah karena saat ia berada dalam kereta itulah ia mendapatkan ilham untuk  mengoleksi jumlah produk yang diproduksi perusahaannya, akhirnya menetap di 57 – meskipun ada lebih. Dalam perjalanan itu Heinz 57 Varieties lahir.

Tahun 1910, Inggris mulai mengimpor Heinz Cream of Tomato Soup.

Tahun 1920, produksi di Inggris pun dimulai. Heinz masih mengekspor kacang panggang, spaghetti dan saos tomat ke Inggris dari Amerika dan Kanada. Ketika produksi Heinz diperluas ke Inggris, 10.000 ton diproduksi di sini pada tahun pertama.

Pada tahun 1930-an, staf penjualan Heinz diharapkan memiliki tinggi tubuh setidaknya 6 kaki, tanpa cela dalam berpakaian dan sangat fasih untuk mempromosikan produk Heinz.

Di tahun 1931, Heinz mengalami masa-masa sulit, tetapi berhasil bertahan dengan menjual produk makanan yang siap saji (sup) dan makanan bayi. Kejelian ini membuat penjualan mereka melambung meski resesi dunia melanda.

Di tahun 1940-an, karena perang, pasokan bahan-bahan yang dibutuhkan membuat produk Heinz berkurang. Heinz Tomato Ketchup tidak muncul di rak-rak di Inggris dari tahun 1939 sampai tahun 1948. Rupanya konsumen lebih suka Heinz Salad Cream.

Tahun 1944, proses produksi di pabrik Heinz di Harlesden tetap berlangsung meski bom dijatuhkan 2 kali.

Tahun 1951,  persetujuan kerajaan diberikan dan di tahun 1954 diberikan lagi sebagai Purveyors Produk Heinz ke HM Ratu Elizabeth II.

Tahun 1955 , Heinz mulai memunculkan diri di TV. Varietas ‘Heinz 57’  diiklankan di saluran ITV baru. Poster berwarna juga diproduksi.

Tahun 1959 ,  pabrik Wigan dibangun. Heinz membuka pabrik kacang di Wigan pada tanggal 21 Mei 1959 yang menggunakan 1.000 ton biji kering setiap minggu.

Tahun 1967,  ‘Beanz Meanz Heinz’ lahir. Slogan ini diciptakan pada tahun 1967,dengan semakin banyaknya para ibu rumah tangga menjatuhkan pilihan mereka pada kaleng kacang Heinz.

Tahun 1987, botol plastik diperkenalkan oleh Heinz. Pertempuran membenturkan bagian bawah botol kaca kecap berakhir ketika Heinz memperkenalkan botol plastik.

Di tahun 1990 Heinz berekspansi ke Timur. Heinz memperluas distribusi ke Rusia dan China. Secara total, produk Heinz Beanz diekspor ke 60 negara pada tahap itu.

Pada tahun 1999, Heinz menduduki peringkat 4 besar dan menjadi merek makanan dan minuman terbesar keempat di dunia, di belakang Coca-Cola, McDonald dan Nescafe.

Di tahun 2000, Heinz mulai memperkenalkan produk organiknya. Diperkenalkanlah Organic Tomate Sauce dan Organic Heinz Beanz. Segera setelah itu, mereka juga memperkenalkan Organic Cream of Tomato Soup.

Lima tahun kemudian (2005), Heinz membeli HP, termasuk saos dan Lea & Perruns Worcestershire Sauce.

Tahun 2008  menjadi awal pencanangan tujuan Global Sustainability. Pada bulan Mei, Bill Johnson, ketua sekaligus presiden dan chief executive Heinz, meluncurkan sembilan gol keberlanjutan global termasuk pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 20pc hingga tahun 2015.

Tahun 2009 sosok penting dari kerajaan Inggris memberikan kunjungan ke Heinz. Pada bulan Mei Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh mengunjungi pabrik Heinz Beanz di Kitt Green dekat Wigan untuk menandai HUT ke-50 pembukaan resmi pabrik. Ratu juga membuka operasi kemasan baru.

2013  menjadi tinggak baru bagi Heinz. Investor kampiun Warren Buffet membeli Heinz, telah setuju untuk membeli Heinz sebesar $ 28 miliar, dalam akuisisi terbesar yang pernah terjadi dalam industri makanan. (Tele / * Akhlis)


Another articles:

* Inilah 25 Merek Paling Top di Dunia Versi Instagram (2013-06-27) * Balenciaga: Merek Fashion Spanyol yang Digemari Pesohor Dunia (2013-06-21) * Riwayat Brand Moncler: Dari Aktivis Politik Jadi Pengusaha Pakaian Hangat (2013-06-19) * Line, Satu Lagi Produk Jepang yang Go International (2013-06-18) * L. L. Beans: Merek Klasik yang Tetap Digemari Selama 98 Tahun (2013-06-18)

Perjalanan Heinz Selama 144 Tahun | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *