Manfaatkan Pekarangan untuk Halaman Organik

Manfaatkan Pekarangan untuk Halaman Organik

Manfaatkan Pekarangan untuk Halaman Organik

Manfaatkan Pekarangan untuk Halaman Organik

Jumat, 28 Juni 2013 10:04

Ragu dengan sayuran yang Anda makan? Takut mengandung racun dari pestisida kimia? Mungkin Anda berpikir tubuh Anda tidak apa-apa tetapi bagaimana dengan putra-putri kesayangan anda yang daya tahan tubuhnya masih rentan dan hidupnya masih panjang?

Kesadaran terhadap kesehatan di Indonesia semakin lama semakin meningkat seiring kemunculan penyakit-penyakit degeneratif kian banyak mengkonsumsi pangan tidak sehat. Gaya hidup sehat dengan menyantap sayur organik pun kini menjadi tren.

Sayuran dari pertanian konvensional mungkin terlihat bagus dan sehat. Hanya saja, dalam beberapa kali penelitian yang telah dipublikasikan bahan pangan dari hasil pertanian yang tidak ramah lingkungan tersebut ternyata juga membahayakan kesehatan putra-putri tercinta kita di masa depan.

Membeli sayuran organik dari swalayan pun harganya sangat mahal. Lalu mengapa tidak mencoba Mandiri pangan dari wilayah rumah kita sendiri. Bagaimana caranya?

Soeparwan Soelaiman, salah seorang praktisi yang menggeluti bidang pemanfaatan pekarangan mengemukakan tentang konsep Halaman Organik.

âHalaman organik yaitu membuat halaman rumah kita menjadi taman rumah yang produktif dan enak dilihat, yang diperlukan adalah memperlakukan dengan organik dan pemanfaatan sampah rumah,â jelasnya.

Tak harus membuat langsung seluruh halaman menjadi taman, mulailah dari yang mudah dulu seperti pemanfaatan wadah bekas untuk pot menanam tanaman sayur.

Agar tanaman tumbuh subur dan sehat, Soeparman menggunakan konsep analogi rumah sehat yang kemudian diterapkan kepada tanaman. Pertama rumah butuh sirkulasi udara yang baik maka tanaman butuh tanah yang gembur. Kedua makanan sehat sangat penting sehingga tanaman butuh pupuk organik.

Berikutnya sanitasi yang baik dan air bersih, itu berarti tanaman memerlukan air yang tidak tercemar dan terakhir ventilasi udara yang diterjemahan menjadi kebutuhan sinar matahari mencukupi bagi pertumbuhan tanaman organik. (as/dari berbagai sumber)

* Lima Tanaman Pengusir Nyamuk (2013-06-03) * Hijaukan Hunian Anda dengan Tanaman Hidroponik (2013-05-29) * Interior Makin Hijau dengan Tanaman Hidroponik (2013-05-08) * Konsep Hijau untuk Hunian Anda (2013-04-25) * Resep Hemat Energi di Rumah (2013-04-04)

Manfaatkan Pekarangan untuk Halaman Organik | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *