Teratur Kelola Keuangan, Samsul Kuasai Pasar Tempe di Medan

Teratur Kelola Keuangan, Samsul Kuasai Pasar Tempe di Medan

Teratur Kelola Keuangan, Samsul Kuasai Pasar Tempe di Medan

Teratur Kelola Keuangan, Samsul Kuasai Pasar Tempe di Medan

Jumat, 28 Juni 2013 14:32

Beberapa tahun lalu, usaha tempe yang dijalankan Samsul seperti jalan di tempat. Seluruh penjualan harian dimasukkan seluruhnya ke kantongnya.

Untuk pembelian bahan baku dan membayar karyawan, diambil begitu saja dari uang itu tanpa pencatatan yang jelas. Akibatnya, dia tidak bisa mengontrol berapa besar perkembangan omzet usahanya.

Namun, setelah mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan, dia merasa ada sesuatu yang salah dalam menjalankan bisnisnya selama ini. Ya, dia selalu mencampur uang hasil penjualan tempe. Psdahal, ada banyak pos yang harus mendapatkan alokasi dana khusus, seperti modal, membayar karyawan, dan laba bersih.

Untuk itu, dia akhirnya membagi uang penjualannya itu ke dalam beberapa amplop yang memudahkan dia melihat seluruh alokasi dana. Ini memang sebuah tindakan kecil. Akan tetapi, dari sesuatu yang kecil itu, kedisiplinan mengantarkannya menjadi pengusaha tempe yang sukses di Medan, Sumatra Utara.

âSaya sampai saat ini omzet mencapai Rp 15 juta per hari, ini jauh lebih besar ketimbang dulu saat saya masih belum memiliki pola pengelolaan keuangan yang baik,â jelasnya seperti dilansir Kompas.com.

Hingga hari ini, Samsul selalu mencatatkan kenaikan omzet usaha setiap harinya, karena permintaan juga terus membesar. Ini pula yang mendorongnya membangun satu lagi unit pabrik tempe di wilayah Medan. (as)

* Teh Kempot Racikan Victor Diburu Pembeli (2013-06-25) * Kisah H Bustaman Kembangkan RM Padang Sederhana (2013-06-24) * Dari Kalkun, Suparjo Bisa Raih Untung (2013-06-20) * Sutarto, Sukses Pasarkan Keripik Belut Hingga Mancanegara (2013-06-14) * Puspo Wardoyo, Semua Berawal dari Inspirasi (2013-06-13)

Teratur Kelola Keuangan, Samsul Kuasai Pasar Tempe di Medan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *