Wamendikbud : Ayo Mahasiswa Bercita-citalah Jadi Pengusaha

Wamendikbud : Ayo Mahasiswa Bercita-citalah Jadi Pengusaha

Wamendikbud : Ayo Mahasiswa Bercita-citalah Jadi Pengusaha

Wamendikbud : Ayo Mahasiswa Bercita-citalah Jadi Pengusaha

Jumat, 28 Juni 2013 14:53

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mendorong mahasiswa untuk bercita-cita menjadi wirausahawan, dan jangan hanya mengejar ambisi sebagai menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya, profesi wirausaha ini lebih membuka jalan bagi generasi muda untuk mencapai kesejahteraan ekonomi dan membuka wawasan terhadap dunia.

Menurutnya, sebagai PNS akan lebih sulit untuk bisa mencapai posisi puncak. Semisal Walikota, Gubernur, Menteri, bahkan Presiden. “Cita-cita saya seluruh mahasiswa Indonesia tidak lagi sebagai pencari kerja. Harusnya mereka jadi pengusaha. Program ini yang harus dimulai ketika mereka mahasiswa,” ungkap Musliar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis kemarin.

Pemikiran bahwa menjadi PNS akan aman dari sisi finansial, menurutnya tidak benar. Justru sebaliknya, dengan menjadi pengusaha akan membawa hidup lebih aman dari sisi finansial untuk kehidupan di masa yang akan datang.

“Ketika menjadi mahasiswa, lebih bagus menjadi pengusaha. Kalau mau aman di Indonesia itu lebih aman jadi pengusaha. PNS sukses jadi Kepala Dinas dan Sekda tapi ketika ikut Pilkada (pemilihan kepala daerah), kalah. Kalau pengusaha, itu ikut partai ketika Pilkada, menang,” tuturnya.

Musliar mencontohkan Gita Wirjawan sebagai salah satu contoh sosok yang menempati posisi teratas di Kementerian Perdagangan meskipun latar belakang Gita bukan sebagai PNS.

“Sekarang dari PNS jarang yang menjadi menteri, cuma 1 mantan gubernur kita. Nah, coba lihat pengusaha yang menteri, sangat banyak,” tutupnya. (bn)

* Izin Investasi Akan Dipermudah (2013-06-27) * Indonesia Miliki Potensi Ekspor Daging Sapi (2013-06-25) * Tarif Angkutan Naik 15 Persen (2013-06-24) * BI Akan Luncurkan Sistem Pembayaran Nasional (2013-06-24) * Bali Siap Jadi Tuan Rumah KTT APEC 2013 (2013-06-21)

Wamendikbud : Ayo Mahasiswa Bercita-citalah Jadi Pengusaha | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *