Richard Branson: Perusahaan Perlu Buka Peluang untuk Mantan Napi

Richard Branson: Perusahaan Perlu Buka Peluang untuk Mantan Napi

Richard Branson: Perusahaan Perlu Buka Peluang untuk Mantan Napi

Richard Branson: Perusahaan Perlu Buka Peluang untuk Mantan Napi

Jumat, 28 Juni 2013 14:57

Dalam realita bermasyarakat, kita sering sekali menemui stereotip yang negatif dan melekat selama-lamanya bagi mereka yang memiliki catatan kriminalitas. Mereka tidak akan pernah diijinkan bekerja di perusahaan-perusahaan dan instansi pemerintahan. Surat keterangan yang menyatakan kelakuan baik juga dianggap sebagai salah satu syarat mutlak dalam mendapatkan pekerjaan. Intinya tidak ada yang mau menerima mantan tahanan sebagai bagian dari organisasi mereka.

Padahal di sisi lain, mereka ini adalah kelompok yang sangat membutuhkan pintu peluang untuk berkarya di jalan yang positif. Dan dengan menolaknya masuk dalam lingkungan yang lebih baik tetapi dianggap tidak pantas untuk mereka, justru akan tercipta sebuah lingkaran setan yang di dalamnya akan menyeret mereka hingga keturunannya dalam dunia kejahatan yang kelam.

Richard Branson dalam sebuah artikel blognya menyatakan bahwa memang diperlukan adanya kesadaran dari semua elemen masyarakat untuk menerima kembali mereka yang pernah terjerumus dalam dunia kejahatan untuk memulai lembar kehidupan mereka yang baru dan lebih baik serta bermartabat. Salah satunya ialah dengan memberikan peluang kedua bagi mereka yang pernah terpidana karena utamanya terdorong oleh alasan kemiskinan yang begitu menghimpit. Saat orang-orang ini diberikan peluang, sebagian mereka justru menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Branson mencontohkan kisah sukses Roger Antochi. Antochi tumbuh sebagai anak di lingkungan yang penuh kekerasan dan kecanduan narkoba. Masa kecil yang traumatis tersebut membuatnya juga terjerumus ke penjara. Kini ia menjalani kehidupan yang jauh berbeda dan lebih baik setelah berpartisipasi dalam program Second Step dari Toll Group dan Igniting Change. Branson yang dulu pertama bertemu dengannya dalam kondisi yang memprihatinkan, kini bekerja tak kenal lelah dalam program yang bertujuan serupa untuk menyelamatkan orang-orang yang hendak memperbaiki kehidupan mereka ke arah yang lebih baik.

Virgin yang bekerjasama dengan Toll turut menerima mantan narapidana tersebut menjadi karyawan mereka. Semua orang yang diterima bekerja ini menunjukkan tekad untuk berubah dan hingga kini tidak melakukan tindak kejahatan sebagaimana yang mereka pernah lakukan di masa lalu.

Semua perusahaan perlu memperhatikan itu, dan menyediakan peluang bagi para mantan pesakitan yang ingin memperbaiki kualitas kehidupan, ujar Branson. (Virgin/*Akhlis)

* Virgin-LanzaTech Ingin Komersilkan Produk Avtur Ramah Lingkungan (2013-06-25) * Ini yang Dilakukan Richard Branson Saat Terjebak Macet (2013-06-20) * Saat Bill Gates Belajar dari Warren Buffet (2013-06-19) * Richard Branson: Bisnis Harus Jadi Kekuatan untuk Kebaikan (2013-06-11) * Richard Branson: Hindari Kesalahan Umum Startup (2013-05-22)

Richard Branson: Perusahaan Perlu Buka Peluang untuk Mantan Napi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *