Tips Meraih Kesuksesan dalam Bisnis

Tips Meraih Kesuksesan dalam Bisnis

Tips Meraih Kesuksesan dalam Bisnis

Tips Meraih Kesuksesan dalam Bisnis

Minggu, 30 Juni 2013 19:17

Menurut Co-Founder LinkedIn, Reid Hoffman dan pengusaha Ben Casnocha dalam acara âSecrets from Silicon Valleyâ, teknologi dan globalisasi mendorong setiap orang untuk menjadi pengusaha.

Hoffman dan Casnocha, Co-authors buku populer The Start-Up of You: Adapt to the Future, Invest in Yourself, and Transform Your Career, seperti yang dilaporkan Mashable berbicara pada Jumat lalu tentang bagaimana para pengusaha di Silicon Valley membangun perusahaan yang mengagumkan di tengah perubahan yang cepat.

Berikut tips dari mereka tentang mencapai kesuksesan bisnis dalam kondisi ekonomi yang tak menentu, seperti dikutip dari marketing.co.id :

Temukan potongan antara kekuatan Anda dan realita aspirasi pasar. Ketika merintis suatu usaha, nasihat standar sering kali berupa: mainkan kekuatan, ikuti passion, dan manfaatkan kebutuhan pasar. Namun, menurut Casnocha, âBerpikir tentang salah satu dari ketiganya secara terpisah sangatlah tidak cukup.â Ia menyarankan untuk melihat bagaimana ketiganya berpotongan dan mengintegrasikannya ke dalam rencana bisnis Anda.

Rencana bisnis haruslah memetakan rencana beberapa tahun mendatang. Hoffman mengatakan, âSeiring waktu, passion Anda akan berubah, kekuatan Anda akan berkembang, dan pasar juga akan berubah.â

Bangun kelompok kecil dan luaskan jaringan. Jaringan sosial dan profesional menghubungkan kita dengan banyak kenalan di seluruh wilayah geografis dan dari berbagai profesi yang memberikan beragam informasi berharga.

Namun, penting juga untuk membangun jaringan kecil hubungan yang kaya secara emosional dan kolaboratif. Hoffman mengatakan, âPenting untuk berpikir tentang memperluas jaringan, tapi kita perlu bisa melakukannya dengan cara yang sangat manusiawi.â

Jangan mempertaruhkan lebih dari yang dapat Anda tanggung. âAda sebuah kesalahpahaman yang mengatakan bahwa semua pengusaha adalah âcrazy risk-takersâ,â ujar Casnocha. Sebenarnya kita tidak bisa begitu saja mempertaruhkan segalanya. Ia mengatakan bahwa ada suatu cara untuk menerima risiko secara cerdas dalam waktu yang tak menentu dan minim informasi.

Casnocha menyarankan, âPerkirakan risiko dengan mempertimbangkan kemungkinan hasil paling buruk dari keputusan Anda.â Kemudian tanyakan pada diri kita: jika hal itu terjadi, bisakah kita bertahan? Jika jawabannya âyaâ, terbukalah untuk risiko tersebut. Jika âtidakâ, mungkin kita harus mempertimbangkan lagi.

Casnocha mengatakan, âJika saya merasa skenario terburuk yang mungkin terjadi adalah perusahaan saya terpuruk, mengalami kebangkrutan dan reputasi saya hancur, maka saya akan sangat waspada terhadap risiko tersebut.â (bn)

* Strategi Memainkan Harga di Bisnis Kuliner (2013-06-26) * Panduan Membuat Sebuah Logo Usaha (2013-06-26) * Strategi Menghadapi Tantangan Bagi Pebisnis (2013-06-24) * Sebagai Pebisnis, Sudahkah Anda Menyusun Skala Prioritas? (2013-06-21) * Empat Strategi Agar Bisnis Anda Maksimal (2013-06-21)

Tips Meraih Kesuksesan dalam Bisnis | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *