3 Area Bisnis Konstruksi Hijau yang Potensial

3 Area Bisnis Konstruksi Hijau yang Potensial

3 Area Bisnis Konstruksi Hijau yang Potensial

3 Area Bisnis Konstruksi Hijau yang Potensial

Selasa, 02 Juli 2013 10:31

Gaya hidup yang ‘hijau’ dan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan serta penghematan energi makin naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Tren ini juga melanda dunia bisnis konstruksi. Bila Anda menaruh perhatian di bidang ini atau tengah mencari ide bisnis yang berhubungan dengan cara membangun dan memperbaiki bangunan agar lebih memenuhi syarat ramah lingkungan dan berkelanjutan secara ekologis, jangan lewatkan uraian berikut ini.

Apa yang akan Anda simak di bawah ini adalah 3 area yang menarik untuk digarap oleh para entrepreneur dalam bidang konstruksi hunian ‘hijau’:

1. Atap hunian yang hijau Bentuk atap seperti ini pada dasarnya seperti wadah yang berisi tanaman-tanaman hidup dan sistem pengairan yang efektif dan efisien yang dapat dipasang bersamaan di bagian atap sebuah bangunan yang dihuni manusia. Setelah terpasang sempurna, sistem atap ini secara dramatis akan mengurangi tingkat penyerapan panas matahari dan kemudian juga mengurangi biaya lain yang menyangkut pengeluaran energi. Di Indonesia yang beriklim tropis, produk seperti ini akan banyak berguna untuk menyejukkan suhu dalam bangunan secara alami sehingga tak perlu membeli AC dan kipas angin.

2. Analisis efisiensi energi dan penyedia layanan perbaikan lingkungan: Tugas penyedia layanan ini adalah memberikan solusi yang efisien dalam aspek modal dan berbiaya relatif rendah bagi pengusaha untuk menjadikan tempatnya berbisnis menjadi lebih nyaman dan hijau serta ramah lingkungan. Rencana efisiensi energi komersial dan hunian menggunakan banyak sekali teknik dari pencahayaan dan perbaikan sistem HVAC  hingga penyekatan dan perbaikan desain jendela untuk menekan penggunaan jumlah energi dalam sebuah bangunan. Dengan berbekal berbagai fasilitas yang tersedia, tidaklah mengejutkan bahwa para pengusaha dan pemilik bisnis berlomba-lomba mengembangkan layanan dan model bisnis untuk membantu pemilik bisnis menekan pengeluaran energi mereka dan memanfaatkan semaksimal mungkin perbaikan efisiensi energi setiap rupiah yang dikeluarkan.

3. Pompa panas geotermal: Ini membutuhkan perbedaan suhu antara tanah dan bawah tanah, Tentu saja modal yang lebih tinggi dibutuhkan untuk pembangunan pompa seperti ini, kategori ini mewakili area yang menjadi tempat entrepreneur  yang berkompeten dalam fokus teknik.  (Caycon/*Akhlis)

* Manfaatkan Pekarangan untuk Halaman Organik (2013-06-28) * Lima Tanaman Pengusir Nyamuk (2013-06-03) * Hijaukan Hunian Anda dengan Tanaman Hidroponik (2013-05-29) * Interior Makin Hijau dengan Tanaman Hidroponik (2013-05-08) * Konsep Hijau untuk Hunian Anda (2013-04-25)

3 Area Bisnis Konstruksi Hijau yang Potensial | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *