Ivanka Trump Mewarisi Jiwa Bisnis dari Sang Ayah

Ivanka Trump Mewarisi Jiwa Bisnis dari Sang Ayah

Ivanka Trump Mewarisi Jiwa Bisnis dari Sang Ayah

Ivanka Trump Mewarisi Jiwa Bisnis dari Sang Ayah

Selasa, 02 Juli 2013 13:01

Penampilannya yang cantik, modern, dan sempurna membuat Ivanka Trump lebih cocok berprofesi sebagai supermodel ketimbang pebisnis. Ia memang pernah mencicipi kehidupan sebagai model di masa remajanya, tapi di usianya yang ke-31 saat ini, ia menetapkan hati sebagai pebisnis.

Penampilannya mungkin bisa mengecoh. Dengan gerakannya yang gemulai dan wajahnya yang seperti boneka, akan membuat orang menyangka ia adalah pebisnis yang lembek dan mudah digoyahkan. Namun, ia adalah pebisnis tangguh yang tidak ingin Anda remehkan.

Beberapa waktu yang lalu, ia berhasil mendapatkan dua kesepakatan bisnis yang sangat menguntungkan bagi Trump Organization. Pertama, proyek renovasi gedung bersejarah Old Post Office Pavillon yang akan diubah menjadi Trump International Hotel Washington, D. C.

Kedua dan yang cukup besar adalah pembelian Doral Resort & Spa di Miami. Berkat negosiasi cantik Ivanka, Trump Organization berhasil membeli resort tersebut dengan harga 150 juta dolar AS. Padahal nilai tanah resort tersebut saja mencapai hampir 1 miliar dolar AS.

âIvanka sejak dulu adalah seorang negosiator alami. Dia memang lahir dengan kecakapan itu. Tapi dia juga seorang pembangun dan manajer yang sangat baik,â kata Donald Trump tentang putrinya itu.

Menurut Eric Trump, adiknya, Ivanka adalah negosiator yang mengerjakan seluruh PR-nya sebelum melakukan negosiasi. Setiap tawaran yang ia ajukan didukung oleh riset yang sebelumnya sudah ia lakukan.

âDia adalah orang yang tidak boleh Anda remehkan, Dia bisa menjadi lawan yang sangat tangguh,â ujar Eric seperti dikutip oleh Monte Burke dalam artikelnya di Forbes.

Kehadirannya Memberi Sentuhan Feminin

Kehadiran Ivanka dalam bisnis keluarga Trump memberikan setuhan feminin dalam bisnis mereka yang sangat maskulin. Desain, gaya, dan tampilan Ivanka memberi sentuhan glamor dan elegan kepada merek Trump. Merek Trump sendiri identik dengan arsitektur yang berat, desain interior yang penuh emas, dan tampilan macho pendirinya (Donald Trump).

Bukan sebatas itu, perempuan kelahiran New York, 30 Oktober 1981 ini juga menjadi penyeimbang dalam bisnis keluarganya. Kemampuan Ivanka berhadapan dengan orang-orang membuatnya menjadi PR bagi keluarganya. Salah satunya ketika ia sukses meredam komentar banyak orang ketika Donald Trump terus saja mempertanyakan soal tempat lahir Presiden Obama.

âSaya mendukung ayah saya, karena ia adalah ayah saya. Tapi saya tidak selalu setuju dengan semua yang ia katakan,â ujar putri Donald Trump dengan Ivana Trump itu.

Bentuk dukungan bagi ayahnya tidak cuma menjadi penyeimbang dalam keluarga, tetapi juga menjadi salah satu bagian penting dalam bisnis keluarganya. Meski kolaborasi antara tiga anak Trump di perusahaan bersifat cair, namun masing-masing punya spesialisasi sendiri. Spesialisasi pemilik nama lengkap Ivanka Marie Trump ini adalah akuisisi dan desain.

Keseriusan Ivanka untuk menekuni bisnis real estate ia tunjukkan sejak lulus dari Wharton School of Business Universitas Pennsylvania. Setelah lulus ia memutuskan bekerja di Forest City Enterprises, perusahaan real estate milik Bruce Ratner selama setahun.

âDia ingin bekerja untuk orang lain selama setahun. Dan di akhir tahun Bruce bertanya apakah dia bisa menahan Ivanka lebih lama. Saya jawab âtidak bisaâ,â begitu cerita Donald Trump. Ivanka pun resmi bergabung dengan Trump Organization pada tahun 2005.

Sebenarnya Donald Trump sendiri tidak menyangka Ivanka akan bergabung dalam bisnis keluarga Trump.

âAku selalu membayangkan Ivanka akan masuk dalam industri fashion, memimpin Vogue. Tapi saya senang dia akhirnya memilih ini,â katanya.

Ivanka sendiri saat ini menjalankan bisnis fashionnya sendiri. Line fashion-nya dijual di retailer besar macam Macyâs, Dillard, dan Bloomingdale. Istri Jared Kushner ini ingin menjalankan bisnisnya sendiri suatu hari nanti. Namun saat ini ia memilih fokus ikut menjalankan bisnis keluarganya.

Fokus lain yang saat ini ia jalani adalah perannya menjadi ibu Arabella Rose Kushner yang akan berulang tahun kedua Juli mendatang. Ia berusaha keras menyeimbangkan kehidupannya sebagai ibu dan sebagai pebisnis. âSaya sudah berhenti tidur di malam hari untuk menyeimbangkan dua peran itu,â katanya setengah bercanda.

Ivanka berusaha keras selalu hadir untuk putrinya tanpa mengorbankan pekerjaannya. âArabella adalah prioritas saya. Tapi bukan berarti saya akan melepaskan karir saya yang juga saya cintai,â katanya. Ia juga mengaku harus belajar mengatasi rasa bersalah karena tidak bisa selalu ada untuk putrinya.

Namun, kerja keras Ivanka tampaknya memang membuahkan hasil manis. Arabella tumbuh sebagai anak yang sehat, Kehidupan rumah tangganya adem-ayem, dan karirnya di Trump Organization semakin bersinar. (bn)

* Stacey Ferreira: Pendiri MySocialCloud yang Didanai US$ 1 Juta oleh Richard Branson (2013-06-21) * Mary Kay Ash: Entrepreneur Wanita Paling Berpengaruh di Abad 20 (2013-06-17) * Zhang Yin, Pelopor Bisnis Pengolahan Limbah (2013-06-07) * Lima CEO Paling Cantik di Dunia (2013-05-29) * Tinggalkan Google untuk Berbisnis Sendiri (2013-05-28)

Ivanka Trump Mewarisi Jiwa Bisnis dari Sang Ayah | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *