PT KS, Pabrik Baja Terbesar di Indonesia

PT KS, Pabrik Baja Terbesar di Indonesia

PT KS, Pabrik Baja Terbesar di Indonesia

PT KS, Pabrik Baja Terbesar di Indonesia

Minggu, 16 Juni 2013 10:54

PT Krakatau Steel adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia. BUMN yang berlokasi di Cilegon, Banten ini berdiri pada tanggal 31 Agustus 1970. Produk yang dihasilkan adalah baja lembaran panas, baja lembaran dingin, dan baja batang kawat. Hasil produk ini pada umumnya merupakan bahan baku untuk industri lanjutannya.

Proses produksi baja di PT KS dimulai pada pabrik pembuatan besi yang menggunakan proses reduksi langsung bijih besi dengan gas alam. Hasil produksi yang berupa besi spons ini selanjutnya dilebur bersama dengan besi bekas (scrap) pada proses pembuatan baja yaitu pabrik baja slab dan pabrik baja billet. Proses pembuatan baja tersebut menggunakan teknologi dapur busur listrik yang dilanjutkan dengan proses pengecoran lanjutan menjadi baja slab dan baja billet.

Baja slab dicanai dalam kondisi panas pada pabrik baja lembaran canai panas menjadi baja lembaran panas berupa coil, strip, maupun pelat. Sebagian baja lembaran panas ini langsung dijual ke konsumen atau diproses lebih lanjut di fasilitas produksi lainnya yaitu pabrik baja lembaran canai dingin. Pabrik ini menghasilkan produk baja lembaran dingin berupa baja lembaran panas yang dipickling, maupun baja lembaran dingin dengan perlakukan anil atau temper. Produk baja lembaran yang dihasilkan bisa berupa coil maupun sheet. Baja billet yang dihasilkan sebagian dijual ke konsumen namun pada umumnya diproses lebih lanjut di pabrik baja batang kawat menjadi batang kawat. (*/ dari berbagai sumber)

* Jamsostek, Mitra Tenaga Kerja (2010-05-07) * TPS-Food, Konsentrasi di Mi Kering (2010-05-04) * Takaful, Pelopor Asuransi Syariah (2010-05-03) * Semen Baturaja, Penguasa Semen Sumatera Bagian Selatan (2010-04-30) * Angkasa Pura 1, Fokus Mengelola 13 Bandara (2010-04-29)

PT KS, Pabrik Baja Terbesar di Indonesia | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *