Alternatif Modal Selain Bank

Alternatif Modal Selain Bank

Alternatif Modal Selain Bank

Alternatif Modal Selain Bank

Niat seseorang untuk memiliki usaha sendiri biasanya dihambat dengan permasalahan modal. Apalagi, di lain pihak orang tersebut tidak bankable. Otomatis, hal tersebut menghambat orang tersebut mendapatkan modal. Di sini kami uraikan beberapa alternatif dalam mendapatkan modal untuk memulai usaha kecil.

1. Menggadaikan harta ke Pegadaian Jika Anda memiliki harta yang bernilai tinggi, seperti emas atau barang elektronik, Anda mungkin bisa menggadaikannya ke Pegadaian untuk mendapatkan uang tunai.

2. Patungan dengan teman Jika modal sendiri tidak cukup, Anda dapat mengajak orang lain untuk ikut menambah modal tersebut bersama Anda. Tentu saja harus diikuti dengan kesepakatan pembagian keuntungan dan pembukuan yang jelas.

3. Meminjam ke lembaga selain bank Anda juga bisa meminjam ke lembaga selain bank. Coba Anda cari informasi sebanyak­banyaknya mengenai pinjaman ke lembaga selain bank di daerah Anda, seperti yayasan sosial, kelurahan, maupun koperasi simpan-pinjam. Biasanya pada organisasi tersebut sistem pinjamannya adalah berdasarkan bagi hasil, sehingga pembagian keuntungan maupun kerugian diatur secara proporsional.

Pada umumnya orang mengira akan selalu dibutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha sendiri. Kenyataannya tidak selalu begitu. Besar kecilnya modal yang dibutuhkan untuk usaha adalah sangat relatif, tergantung dari jenis usaha apa yang Anda pilih. Usaha perdagangan atau jual-beli, produksi, atau transportasi, secara relatif biasanya memang membutuhkan modal uang yang lebih besar dibandingkan usaha jasa.

Kenapa kita tidak mencoba bersikap lebih realistis dengan tidak selalu mengaitkan kata modal itu dengan sejumlah uang? Diperlukan lebih dari sekadar uang untuk membuat suatu usaha bisa terus berjalan dan bertahan. Kenapa Anda tidak mencoba memikirkan bahwa diri Anda sendirilah sebagai modal utama Anda. Apa pun yang Anda miliki pada saat ini selain uang, yaitu pengetahuan, pengalaman, minat, bakat, bahkan teman­teman, bisa dijadikan sarana untuk memulai suatu usaha. Kuncinya adalah jika Anda ingin memulai usaha sendiri dan tidak memiliki modal uang sepeser pun saat ini, maka Anda bisa memakai modal yang bukan uang.


Another articles:

* Kreatif Mencari Modal (2010-09-01) * Prinsip dalam Mengajukan Proposal Usaha (2010-05-25) * Tips Menemukan Investor Penyelamat (2010-05-03) * Mulailah dari Garasi (2009-12-11)

Alternatif Modal Selain Bank | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *