Erie Sudewo, Social Enterpreneur 2009

Erie Sudewo, Social Enterpreneur 2009

Erie Sudewo, Social Enterpreneur 2009

Erie Sudewo, Social Enterpreneur 2009

Kebahagiaan menyelimuti Erie Sudewo, mantan Presiden Direktur Dompet Dhuafa yang baru-baru ini mendapat anugerah sebagai Social Enterpreneur dari lembaga terkemuka Ernst & Young 2009. Erie Sudewo dinilai telah turut berperan besar menjadikan Dompet Dhuafa, lembaga filantropi yang pernah dipimpinnnya, menjadi “The Biggest NGO in Indonesia.”

Atas prestasinya tersebut, Mantan Wakil Ketua BRR (Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi) di Aceh tersebut diundang oleh Dompet Dhuafa untuk memberikan Sharing atas suka dukanya mengembangkan Dompet Dhuafa sejak 1993. “Dahulu, jika kita ditanya, maukah anda punya menantu yang pekerjaannya sebagai Amil Zakat? Jawabanya tentu banyak yang menolak, Namun, hari ini, Insya Allah profesi Amil Zakat sudah mendapat tempat tersendiri. Profesi inilah yang menuntut rasa pembelaan kepada yang lemah, mengerti dan memperjuangkan kepentingan mereka” tutur Mas Eri, panggilan akrabnya.

Eri Sudewo menceritakan sejak awal berdirinya Dompet Dhuafa Republika, kendala dan kesulitan yang dihadapi serta pencapaian-pencapaian di masa lalu. “Dulu, kita mengumpulkan infaq dari para karyawan Harian Umum Republika, lambat laun, kita terus bergerak. Pertanyaan selanjutnya adalah, setelah dana didapatkan, mau diapakan? Itulah tantangan kita, harus membuat program kemanusiaan yang kreatif sambil tetap menjaga kejujuran dan profesionalitas.”

Dengan merendah, Eri menyampaikan bahwa apa yang didapatnya adalah hasil kolaborasi dan kerjasama yang erat dari banyak pihak. Baginya, penghargaan ini tidak akan ada artinya jika kemudian masyarakat tidak turut menerima manfaatnya. Secara khusus Eri mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang turut merintis Dompet Dhuafa dan memberikan apresasi atas berbagai prestasi Dompet Dhuafa sekarang.

Sekadar informasi, Dompet Dhuafa tahun ini diantaranya menerima Rekor MURI untuk pengumpulan hewan kurban terbanyak (20.082 pekurban) dan meraih Marketing Award 2009 dari Majalah Marketing sebagai The Best Experiential Marketing dan The Best Social Marketing.

Erie Sudewo, Social Enterpreneur 2009 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *