Dari Seminar “Unlock Your Potential: Start a Business without Capital”

Dari Seminar “Unlock Your Potential: Start a Business without Capital”

Dari Seminar “Unlock Your Potential: Start a Business without Capital”

Dari Seminar “Unlock Your Potential: Start a Business without Capital”

Sabtu, 02 Juli 2011 22:38

CE News, Jakarta: Orang terkaya di dunia ialah orang dengan impian yang terbanyak.Tapi impian-impian itu tak sekadar banyak. Impian harus jelas, ada target waktu yang spesifik, dan disertai doa dan usaha yang gigih. Begitu papar seorang pengusaha muda, Siswadi (27 tahun), yang telah mengecap manis pahit kehidupan dari kecil, dalam mengawali seminar “Unlock Your Potential: Start a Business without Capital” tadi siang (2/7) di Ciputra Artpreneur Center, Jakarta Selatan.

Siswadi adalah salah satu dari banyak generasi muda Indonesia yang menunjukkan bahwa entrepreneurship, jika diterapkan dengan sungguh-sungguh, memang bisa mengubah nasib seseorang. Siswadi pernah bekerja di jalanan dan hidup berkekurangan. Toh itu tak membuatnya putus asa dan pasrah. Ia menemukan jalan hidupnya sebagai seorang entrepreneur di bidang pendidikan, sebuah bidang yang sebelumnya enggan ia masuki karena merasa kurang percaya diri.

Usahanya, Bimbel Solusi, yang baru didirikan 3 tahun lalu, kini sudah beranak pinak hingga 45 cabang. Padahal jika dirunut hingga Desember 2007, Siswadi hanya mengantongi uang 75 ribu untuk mendirikan bisnis bimbingan belajar ini.

Citra Indah Development tak ketinggalan memperkenalkan konsep berbisnis tanpa modalnya yang bernama “Citra Ambassador Club” (CAC) yang diperuntukkan bagi siapa saja yang hendak menjadi broker properti.

Profesi broker properti ini, menurut Suharsono, adalah salah satu jenis profesi yang paling menguntungkan saat ini. Suharsono adalah satu dari sekian anggota CAC yang berhasil mencetak angka penjualan tertinggi. Lanjutnya, profesi ini juga minim modal. Kunci suksesnya, katanya, hanya kegigihan dan jejaring/ relasi yang seluas mungkin, baik melalui tatap muka atau via Internet.

Setelah itu, Putera Lengkong, pembicara dari James Gwee Academy yang hadir sebagai pembicara terakhir seminar “Unlock Your Potential”, memberikan banyak pengetahuan berharga tentang cara dan teknik menjual yang efektif dengan berbekal sales script.

Putera menerangkan bahwa membuat sales script bisa ditempuh dalam beberapa langkah. Pertama, kita identifikasi dan tulis penolakan/keberatan yang diprediksi akan/pernah kita temui. Kemudian, kita harus tuliskan semua kemungkinan respon/ tanggapan yang mampu kita pikirkan untuk masing-masing keberatan itu. Terakhir, gunakan teknik QUIET (Question-Understand-Identify- Emphatize-Test).

Seminar-seminar seperti ini masih akan terus diadakan dalam rangka menggalakkan semangat entrepreneurship yang selama ini digaungkan Dr. (HC) Ir. Ciputra. Berminat ikuti seminar berikutnya? Pantau terus situs ini, jadi fan di laman Facebook, atau ikuti tiap tweetnya di @Followce. (Akhlis)

* Alternatif Modal Selain Bank (2010-11-02) * Kreatif Mencari Modal (2010-09-01) * Prinsip dalam Mengajukan Proposal Usaha (2010-05-25) * Tips Menemukan Investor Penyelamat (2010-05-03) * Mulailah dari Garasi (2009-12-11)

Dari Seminar “Unlock Your Potential: Start a Business without Capital” | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *