Ada apa di “Windows Azure”..??

Setelah rilis pertamanya Windows Azure SDK untuk node.js pada bulan Desember tahun lalu, Microsoft juga telah menambahkan update-update dalam versi terbarunya untuk meningkatkan pengalaman pengembang.

Rilis baru ini di kemas dengan berbagai perangkat tambahan berdasarkan umpan balik dari masyarakat setelah rilis awal, dimana para pengembang telah meminta penambahan fitur tertentu untuk di masukkan dalam SDK dan juga melaporkan tentang “bug” yang di temukan ketika mereka menggunakannya.

Dalam tampilan previewnya kita dapat melihat apa saja yang telah di perbaharui, diantaranya:  Azure PowerShell untuk Node.js 0.5.1, dengan update untuk  Node.js 0.6.6, IISNode 0.1.13 update, dan perbaikan “bug” yang telah di laporkan.

Pada windows Azure SDK untuk node.js, pengguna dapat mengatur Remote-Desktop dengan mudah untuk koneksi dengan mesin virtual mereka sehingga memungkinkan proses debugging dan diagnostik yang lebih mudah.  Untuk langkah perawatan kini dapat dilakukan melalui cmdlet tunggal, aktifkan AzureRemoteDesktop dan dia akan melanjutkan.  Dengan menampilkan screenshot yang akan memberikan beberapa info lebih lanjut tentang masalah yang ada. Versi baru ini juga menambahkan catatan bahwa pusat pengembang Windows Azure Node.js  telah di perbarui dengan menambahkan “How-To content” and “Common tasks.”

Selain berita tentang update-updatenya yang terbaru, Windows Azure juga mengawali tahun ini dengan berita tentang kemungkinan untuk menjalankan Windows atau Linux di VM pada platform Azure bagi pelanggannya.

Fitur Mesin Virtual kemungkinan akan datang dengan dukungan untuk SQL Server atau SharePoint Server, dan di harapkan akan dapat memberikan kemudahan untuk proses migrasi aplikasi ke platform Azure.

Untuk memastikan kecanggihan Windows Azure dengan pengembangan mesin virtualnya ini, pelanggan perlu menunggu hingga bulan Maret tahun ini dimana di rencanakan bahwa mesin virtual CPT (Community Technology Preview) akan tersedia.  Dan untuk pengguna Linux, mungkin pelanggan harus  menunggu  kehadirannya sesuai dengan versi Linux yang di gunakan.

Ada apa di “Windows Azure”..?? | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *