Analisa Lingkungan Eksternal

Lingkungan eksternal mempunyai karakter uncontrollable, atau berada di luar kendali perusahaan. Agar sebuah perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan lebih baik, maka keberadaan lingkungan eksternal harus diperhitungkan secermat mungkin.

            Menurut Hitt, Ireland dan Hoskisson ( 1999;39 ) lingkungan eksternal suatu perusahaan memiliki dua komponen utama : lingkungan umum dan lingkungan industri.

1. Lingkungan Umum ( General Environment )

            Lingkungan umum mencakup elemen dalam masyarakat luas yang dapat mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan di dalamnya. Elemen ini dikelompokkan ke dalam segmen-segmen demografi, politik / hukum, sosial budaya , teknologi serta ekonomi. Contoh dari elemen yang dianalisis dalam kelima segmen tersebut dapat dilihat pada tabel 2.1.

            Tujuan utama dari analisis lingkungan umum adalah untuk mengidentifikasi perubahan yang signifikan serta kecenderungan yang ada di antara elemen eksternal. Dengan fokus pada masa yang akan datang, analisis ini memungkinkan perusahaan mengidentifikasi peluang dan ancaman.

2. Lingkungan Industri ( Industry Environment )

Lingkungan industri adalah sekelompok faktor yang mempengaruhi suatu perusahaan dan langkah serta tanggapan bersaingnya. Menurut Porter ( 1996;4) faktor-faktor tersebut adalah ancaman masuknya pendatang baru, kekuatan tawar-menawar dari pemasok, kekuatan tawar-menawar dari pembeli, ancaman produk pengganti dan persaingan dari perusahaan sejenis dari dalam industri tesebut.

Dalam menerjemahkan analisis lingkungan industri, haruslah memfokuskan secara cermat pada hal-hal yang signifikan. Secara umum, semakin kuat dorongan bersaing, akan semakin rendah laba yang mungkin dicapai perusahaan dalam industri tersebut. Industri yang tidak menarik memiliki batasan masuk yang rendah, pemasok dan pembeli dalam posisi yang kuat, ancaman persaingan yang kuat dari produk pengganti, serta persaingan yang tajam antar perusahaan. Sebaliknya industri yang menarik memiliki batasan masuk yang tinggi, pemasok dan pembeli yang lebih lemah, ancaman lebih kecil dari produk pengganti serta persaingan yang relatif moderat.

Analisa Lingkungan Eksternal | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *