Analisa Lingkungan Internal

Analisa lingkungan internal mengembangkan penilaian atas kekuatan-kekuatan perusahaan. Manajemen strategi yang terumuskan secara baik, mampu menyesuaikan secara tepat kekuatan-kekuatan itu dengan peluang-peluang pasar yang ada.

Menurut Jauch dan Glueck (1998; 193) analisa lingkungan internal adalah :

“Proses dimana perencana strategi mengkaji faktor intern perusahaan untuk menentukan di mana perusahaan memiliki kekuatan dan kelemahan yang berarti sehingga dapat mengelola peluang secara efektif dan menghadapi ancaman yang terdapat dalam lingkungan.”

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor internal yang dianalisis adalah :

    1. Faktor pemasaran
    2. Faktor keuangan dan akuntansi
    3. Faktor produksi, operasi dan teknik
    4. Faktor sumber daya manusia
    5. Faktor manajemen mutu
    6. Faktor sistem informasi
    7. Faktor organisasi dan manajemen umum

Sedangkan langkah-langkah evaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan adalah :

  1. Identifikasikan faktor kunci sukses perusahaan ( key success factor ).
  2. Mengembangkan profil sumberdaya dan keunggulan perusahaan.
  3. Membandingkan profil tersebut dengan faktor kunci sukses.
  4. Identifikasikan kekuatan utama dimana perusahaan dapat membangun strategi untuk mengeksploitasi peluang dalam bisnis dan meminimalisasi kelemahan untuk mencegah kegagalan.
  5. Membandingkan kekuatan dan kelemahan perusahaan dengan pesaing utama dalam bisnis.
  6. Mengisolasi area dimana sumber daya dan keunggulan perusahaan lebih kuat atau lebih lemah dari pesaing utama.
Analisa Lingkungan Internal | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *