Apple dan Foxconn Sepakat Naikkan Gaji Pekerja

 

Apple dan mitranya perusahaan asal China Foxconn, sepakat akan meningkatkan upah pekerja dan kondisi lingkungan bekerja di pabrik pemasok gadget Apple itu yang sempat dituding tak manusiawi.

Dalam kesepakatan ini, Foxconn juga mengemukakan rencananya menggaet puluhan ribu pekerja baru, dan berjanji mengurangi jam lembur yang tidak manusiawi, meningkatkan protokol keamanan dan memperbarui asrama pekerja dan fasilitas lainnya.

Dikutip dari Reuters, Jumat (30/3/2012), kesepakatan baru tersebut merupakan bentuk respons terhadap salah satu investigasi terbesar yang pernah dilakukan organisasi independen peduli buruh Fair Labor Association (FLA) terhadap perusahaan pemasok yang menjadi mitra Apple.

Apple sendiri saat itu mempersilakan FLA melakukan investigasi, menanggapi kritikan pedas yang menyorot Foxconn. Pemasok terbesar Apple ini dinilai telah memperlakukan para pekerjanya secara tidak manusiawi.

Pada kunjungannya ke China pekan ini, CEO Apple Tim Cook juga turun langsung melihat kondisi lingkungan kerja di pabrik. Cook juga mengunjungi toko Apple di China dan melakukan diskusi dengan sejumlah pejabat pemerintahan negeri Tirai Bambu tersebut.

Apple dan Foxconn Sepakat Naikkan Gaji Pekerja | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *