Apple: Kami akan Gratiskan Paten SIM Card Nano

California, AS – Apple masih dalam proses memperjuangkan paten atas desain SIM card nano. Namun perusahaan yang dipimpin Tim Cook tersebut sudah percaya diri mengumumkan akan membolehkan paten tersebut bagi siapa saja jika proposalnya diterima sebagai standar di industri teknologi.

SIM card nano, memiliki ukuran lebih kecil dari SIM card mikro. Desain ini memungkinkan sebuah perangkat menjadi lebih kecil dan ramping.

Seperti dikutip dari Tech Radar, Rabu (27/3/2012), dalam suratnya kepada European Telecommunications Standards Institute (ETSI), Apple menyebutkan bahwa jika desainnya yang dipilih, maka mereka akan menggratiskan lisensi paten yang berkaitan dengan SIM card nano.

Sejak Mei tahun lalu, Apple telah mendaftarkan proposal untuk standarisasi desain SIM card nano miliknya. Adapun para rivalnya, Motorola, RIM dan Nokia keberatan dengan proposal ini. Nokia sendiri mengaku salah satu keberatan mereka adalah penggunaan drawer atau ‘laci’ pada slot simcard nano.

Beragam desain SIM card nano akan diuji pekan ini di Prancis dalam pertemuan Smart Card Platform Plenary. Di sinilah nantinya akan ditentukan, apakah proposal Apple akan lolos dan akhirnya dipakai para rivalnya.

Apple: Kami akan Gratiskan Paten SIM Card Nano | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *