Arti dan Pentingnya Budget Kas

Salah satu budget yang perlu dibuat oleh perusahaan adalah budget kas. Hal ini disebabkan karena kas merupakan salah satu alat likuid bagi perusahaan yang setiap saat dapat digunakan untuk memenuhi kewajiban keuangan perusahaan. Untuk itu diperlukan adanya perencanaan mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam perusahaan.

 

            Munawir (1988:72) mengatakan tentang pengertian budget kas, yaitu :

“Budget kas adalah gambaran atas seluruh rencana penerimaan dan pengeluaran uang tunai yang bertalian dengan rencana-rencana keuangan perusahaan dan transaksi keuangan yang menyebabkan perubahan-perubahan pada posisi kas atau menunjukkan aliran kas (flow cash) perusahaan tesebut”.

 

Sedangkan pengertian budget kas menurut Sarwoko dan Halim (1989:124) adalah : “Suatu alat yang berguna untuk meramalkan adalah anggaran kas. Anggaran kas adalah skedul aliran kas masuk dan keluar pada satu periode. Periode tersebut bisa harian, bulanan, ataupun triwulan”.

Riyanto (1995:97) : “Budget kas dan cash forecast (ramalan kas), menunjukkan kebutuhan kas dalam jangka pendek yang merupakan bagian dari financial planning perusahaan”.

Peranan Budget Kas sangat penting bagi pihak manajemen karena budget kas dapat memberikan informasi yang berguna tentang pola penerimaan dan pengeluaran kas setiap periode operasi, sehingga dapat diketahui kapan posisi kas perusahaan dalam keadaan surplus atau defisit.

Sehubungan dengan hal di atas, Hartanto (1977:129) berpendapat :

“Budget kas ini sangat penting untuk menjaga agar likuiditas perusahaan selalu terjamin, jika menurut taksiran akan terdapat kekurangan, bagaimana cara kekurangan itu dapat diisi, misalnya dengan mengadakan pinjaman jangka pendek, penjualan obligasi, atau jika ditaksir akan terlalu banyak kas maka bisa dipikirkan sebelumnya untuk apa uang akan digunakan supaya menguntungkan”.

Arti dan Pentingnya Budget Kas | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *