Astaga, Balita pun Mulai Wara-wiri di Facebook

 

Batasan usia minimal 13 tahun untuk mendaftar Facebook ternyata tak membuat anak-anak di bawah umur menjauh dari situs jejaring sosial itu. Yang lebih mengejutkan lagi, bahkan balita pun sudah ikutan wara-wiri di situs itu.

Fakta ini diungkap oleh MinorMonitor, parenting tools untuk mengawasi aktivitas anak-anak di Facebook. Dari 1.000 orang tua yang disurvei, diketahui ada 38% anak berusia 12 tahun ke bawah yang sudah bergabung di situs itu–dan 40 di antaranya berusia enam tahun ke bawah.

Seperti detikINET kutip dari Mashable, Kamis (12/4/2012), 74% dari orang tua khawatir akan keselamatan anaknya saat bergaul di jejaring sosial itu. Lebih dari separuhnya, sekitar 56% orang tua merasa takut anaknya menjadi korban dari predator seks.

Kemudian, 41% orang tua juga cemas anaknya jadi korban cyberbullying, dan 30% merasa anaknya telah menjadi salah satu korban.

Lebih dari setengah orang tua yang disurvei memonitor aktivitas anaknya di Facebook dengan menggunakan akun milik sang anak itu sendiri, dan seperempatnya memilih ‘berteman’ dengan anaknya. Namun parahnya, ada juga orang tua yang mengaku tak mengawasi anaknya saat bermain di Facebook, jumlahnya sampai 17%.

Jika Anda salah satu orang tua itu, apakah masih berani mengizinkan anak Anda untuk ikutan bergabung di Facebook?

Astaga, Balita pun Mulai Wara-wiri di Facebook | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *