Bauran Pemasaran Jasa

Pengertian bauran pemasaran tersebut diatas (empat P) adalah bauran pemasaran untuk produk barang, sedangkan untuk bauran pemasaran jasa telah dikembangkan dan disesuaikan dengan karakteristik jasa itu sendiri.

Menurut Payne (2000,155) bauran pemasaran untuk jasa adalah 4P+3P, yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan proactive customer service (produk, harga, tempat, promosi, penyampai jasa, proses, pelayanan proaktif terhadap pelanggan).

Sedangkan menurut Yazid (1999:20) bauran pemasaran jasa adalah terdiri dari 7P’s, yaitu: product, price, place, promotion, people or participant, physical evidence, dan process (produk, harga, tempat, promosi, penyampai jasa, bukti fisik, dan proses).

Alma (1998:309), menegaskan bahwa elemen bauran pemasaran lembaga pendidikan terdiri atas 4P ditambah dengan P kelima yaitu: product, price, place, promotion, dan personal traits (produk, harga, tempat, promosi, dan penyampai jasa).

Dalam penelitian ini pengertian unsur-unsur bauran pemasaran yang digunakan adalah seperti apa yang dikemukakan oleh Yazid, dimana bauran pemasaran jasa  terdiri dari 7P, sebagai berikut: (1) Product (2) Price (3) Place (4) Promotion (5) People (personal traits) (6) Process dan (7) Physical Evidence (produk, harga, tempat, promosi, penyampai jasa, proses, dan bukti fisik).

Hal tersebut disebabkan karena keberhasilan penyelenggaraan suatu produk jasa tidak bisa lepas dari orang-orang yang menyampaikan jasa tersebut, proses penyelenggaraan jasa itu sendiri, bagaimana jasa dan layanan diberikan kepada konsumen serta mutu jasa dipengaruhi oleh benda berujud dan perlengkapannya.

Bauran Pemasaran Jasa | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *