Bekerja Bukan karena Uangnya tapi Karena Passion

kerja bukan karena uangnya tapi karena passion

kerja bukan karena uangnya tapi karena passion

Setiap orang itu memiliki waktu yang sama selama 1 hari yaitu 24 jam. Ada yang cukup kerja 3 jam sehari dan sisanya jalan-jalan. Ada pula yang masih kerja bahkan sampai 15 jam sehari. Lalu apa sih yang membedakan?

Saya pernah bertemu dengan seorang yang memang super kaya mengatakan begini.. Sebetulnya saya itu bekerja lebih keras di bandingkan kebanyakan orang. Satu hari itu saya bisa kerja sampai 100 jam. Koq bisa sih 100 jam padahal kan sehari itu cuma 24 jam?

Jawaban dia simple.. Itulah pentingnya Anda memahami soal leverage. Kalau Anda kerja sendirian, jelas Anda tidak bisa sampai 100 jam sehari. Namun, kalau Anda punya tim dan Anda punya orang-orang yang bisa membantu Anda untuk sukses, mau 1000 jam sehari juga bisa. Mereka yang akan membantu melaksanakan tugas Anda. Very make sense.

So, mungkin gak sih kerja 3 jam sehari atau bahkan lebih sedikit lagi tapi hasilnya maksimal. It’s possible pastinya. Tim Ferris dengan buku 4 hour workweeknya sudah menjelaskan bagaimana dia melakukannya.

Namun, sebetulnya bukan masalah berapa lama Anda kerja sih.. Yang terpenting, seberapa happy Anda melakukannya? Kalau Anda emang passionate terhadap pekerjaan Anda, mau kerja 12 jam sehari pun tidak masalah. Pada titik itu, Anda kerja bukan karena uangnya tapi karena passion Anda.

Bagi saya, keluarga itu nomor satu dan kebersamaan itu yang tidak tergantikan. Saya bisa memilih menghasilkan sangat banyak uang per bulan dan bekerja 15 jam sehari tapi saya mengabaikan kebersamaan keluarga saya. Bagi saya, hal yang terindah itu kalau kita bisa tetap kerja dan berkecukupan sambil melihat perkembangan anak kita.

Saya sudah mengalaminya. Saya berada di sisi istri saya ketika melahirkan. Melihatnya tumbuh dari bayi sampai berumur 3 tahun dalam setiap detailnya. Mau gak ini di ganti dengan 10 milyar? Jawaban saya pasti tegas. TIDAK! I love my family dan saya lebih memilih bersama mereka.

Bukan berarti juga saya tidak bekerja keras. Far from it. Itulah lagi-lagi pentingnya belajar leverage dan belajar bagaimana Anda bisa menghasilkan maksimal dengan waktu yang minimal. Maksimal itu berapa sih? Kalau saya sih tergantung target income yang saya setting dan sesuai kebutuhan keluarga saya.

So, balance your life. Bukan masalah seberapa lama Anda kerja atau tidak, seberapa besar penghasilan Anda di bandingkan orang lain. Yang terpenting, apakah Anda hidup sesuai dengan value yang Anda junjung tinggi dan Anda bahagia menjalani hidup Anda?

 

Bekerja Bukan karena Uangnya tapi Karena Passion | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *