BlackBerry OS Paling Aman, Android Paling Rentan

Trend Micro melakukan sebuah riset untuk mengetahui sistem operasi mobile mana yang paling aman di smartphone. Hasilnya, BlackBerry menduduki peringkat teratas melibas para pesaingnya.

Tak dipungkiri lagi pamor BlackBerry memang kian menyusut digempur oleh Android dan iOS. Tapi soal keamanan, sistem operasi besutan Research In Motion (RIM) itu diklaim masih paling aman.

Hal itu dituliskan oleh vendor keamanan Trend Micro berdasarkan beberapa percobaan. Seperti dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (13/4/2012).

Jika diukur dari segi keamanan aplikasi, otentikasi, penghapus perangkat, firewall dan fitur virtualisasi BlackBerry OS 7.0 paling unggul dibanding iOS 5, Windows Phone 7,5 bahkan Android 2.3. Inilah yang membuat BlackBerry dipercaya masih ideal untuk pengguna enterprise.

Laporan tersebut juga menjelaskan bahwa keputusan Apple untuk membuat iOS tidak mendukung perangkat penyimpanan eksternal sangat tepat, hal ini membuat sistem operasi tersebut menduduki peringkat kedua soal keamanan.

Pasar aplikasi Windows Phone yang begitu ketat menjadi salah satu penyebab sistem operasi ini menduduki peringkat ketiga. Namun banyaknya aplikasi yang meminta lokasi pengguna dianggap mulai menerobos batas privasi.

Sedangkan Android, Trend Micro mengklaim sengaja hanya mengujinya hanya pada perangkat berbasis GingerBread 2.3. Sebab sistem operasi ini masih paling dominan dibanding versi lainnya.

Android disebut Trend Micro paling tidak aman karena hampir setiap aplikasi meminta akses macam-macam sebelum diinstal. Jadi tingkat keamanan di Android itu tergantung dari masing-masing pengguna, bukan dari sistem operasi.

Jika boleh dinilai maka skor keamanan untuk masing-masing sistem operasi adalah: BlackBerry (2,89), iOS (1,7), Windows Phone (1,61) dan Android (1,37).

BlackBerry OS Paling Aman, Android Paling Rentan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *