Cara Memahami Perasaan Anak Super Ampuh

Cara Memahami Perasaan Anak Super Ampuh

 

Cara Memahami Perasaan Anak Super Ampuh
Tips Ibu Dan Balita » Cara Memahami Perasaan Anak

 

Cara Memahami Perasaan Anak

 

Thursday, July 26th 2012. | Tips Ibu Dan Balita

Cara Memahami Perasaan Anak. Bagaimana langkah memahami perasaan anak ? Seorang pendidik yang sukses akan berbicara dengan baik ketika berada dalam situasi sulit dan sensimental. Ia akan berusaha menunjukan sikap lembut, tegas dan arif. Demikian pula, seorang pendidik yang baik adalah orang yang mahir membantu anaknya untuk memahami perasaan-perasaanya sendiri.

Banyak orang yang pintar tapi tidak banyak yang arif dan bijaksana. Yang kita butuhkan dalam hal ini adalah orang tua yang pintar juga bijaksana. Kalau pun tidak dikatakan pintar sekali, setidaknya mampu bersiakap arif dan bijaksana ketika berhadapan dengan suasana emosi anak.

Nah berikut ini langkah-langkah memahami perasaan anak :

1. Arahkan emosinya secara baik.
Ketik melihat anak anda sedang stress, tegang, dan mendramatisir masalah yang dihadapinya, maka peran yang harus anda mainkan adalah menjauhkan perasaan-perasaan negatif tersebut, lalu menggantinya dengan perasaan yang positif. Ajaklah dia tersenyum, lalu bahagiakan dan gembirakan dia melalui cara yang anda angga baik.

2. Nasehati dengan baik.
Nasehatilah anak anda tanpa berlebihan. Usahakan nasihat tersebut bisa membantu memahami perasaan dengan cara yang lebih baik. Hindari menasehati anak dengan cara mengomel.

3. Jadilah pendengar yang baik.
Mendengarkan perkataan anak anda dengan penuh perhatian dapat menanamkan kepercayaan dirinya dn meningkatkan harga dirinya. Dia akan merasakan kasih sayang dan perhatianyang anda berikan kepadanya. Hal ini akan dapt mengukuhkan perasaan positif dalam diri anak anda.

4. Berikanlah respon.
Berikanlah tanggapan atas perkataan-perkataanya melalui mimik wajah dan gerakan anda, serta melalui perkataan yang menunjukan sesuatu persetujuan.

5. Bertanyalah secara terbuka dan berikan motivasi.
Ajukanlah pertanyaan yang dapat memmbebaskan anank anda dari permasalahan negaatif serta membantunya menemukan peasaan positif. Lazimnya, pertanyaan itu mengandung rasa optimis serta membangun cara berfikir positif.

6. Bantulah dia untuk berimajinasi secara bebas.
Perluaslah ruang imajinasi anak anda, dengan demikian anda telah mengawal anak anda menhuju perasaan positif, disamping itu cara ini termasuk salah satu metode pterpenting gun menumbuhkan jiwa kreatif anak-anak.

7. Sayangilah anak anda.
Sentuhlah emosinya ketika anda sebagai orang tua menggungkapkan perasaan sayang kepadanya.

Demikian sedikit tips cara memahami perasasaan anak, semoga bermanfaat. Selanjutnya baca juga Cara menumbuhkan rasa percaya diri anak pada artikel sebelumnya. Demikian Cara Memahami Perasaan Anak, semoga bermanfaat.

* Cara Menenangkan Bayi Rewel
* Makanan Super Untuk Anak
* Cara Mengatasi Panas Pada Anak
Tips Ibu Dan Balita,

 

Cara Memahami Perasaan Anak

 

Cara Memahami Perasaan Anak Super Ampuh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *