Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Flashdisk merupakan perangkat yang rawan rusak. Jika anda mengalami kerusakan flashdisk (rusak karena software atau rusak dari dalam), mungkin anda akan merasa bingung. Terkadang flashdisk yang rusak masih bisa diperbaiki. Namun ini dalam artian flashdisk yang rusak di dalam bukan karena sering jatuh atau terendam air. Pada postingan kali ini, linkcerdas.com akan membahas mengenai cara memperbaiki flashdisk yang rusak. Nah, seperti apa caranya? Langsung saja kita simak tutorialnya.memperbaiki flashdisk

Untuk bisa memperbaiki flashdisk yang rusak, kita bisa menggunakan software untuk memperbaiki flashdisk. Software untuk memperbaiki flashdisk antara lain adalah:

–          Low Level Format. Software ini berfungsi untuk memformat ulang flashdisk anda, namun dalam level yang rendah sehingga aman.

–          Super Stick Recovery Tools. Software ini sangat ampuh dalam memperbaiki flashdisk yang error atau datanya hilang semua.

–          Seatools for Windows. Software ini juga cukup ampuh untuk memperbaiki flashdisk anda.

Anda bisa memilih software tersebut untuk memperbaiki flashdisk anda yang rusak. Apabila flashdisk anda masih tetap error atau masih mengalami masalah, ada cara lain untuk memperbaikinya yaitu dengan cara memprogram ulang IC controller yang ada pada flashdisk. Namun cara yang satu ini sangat riskan, maka berhati-hatilah dalam menggunakan cara yang satu ini. Cara ini digunakan jika flashdisk anda sudah tidak ada harapan lagi untuk kembali normal. Maka kita harus memprogram ulang IC controller di dalam flashdisk. Berikut caranya:

  • Bongkar flashdisk anda. Lihatlah pada dalaman flashdisk anda dan bacalah apa yang tertulis pada IC flashdisk tersebut. Misalnya yang tertulis pada flashdisk adalah ALCOR-AU6986.
  • Nah, jika sudah ditemukan tipe dari IC controller flashdisk anda, cari di internet dengan kata kunci “Software tools reprogram TIPE IC CONTROLLER”. Ganti tulisan TIPE IC CONTROLLER dengan tulisan di IC Controller flashdisk anda. Misalnya, software reprogram untuk ALCOR-AU6986 adalah AlcorMP_UFD.
  • Jika kita sudah mendownload programnya, silakan buka program tersebut.
  • Untuk scan mode, pilih Low Level Format.
  • Jika terdapat flash type, pilih yang sesuai dengan flashdisk anda. Atau jika anda ragu, tidak usah di edit untuk flash type. Biarkan saja sesuai default dari software tersebut.
  • Jika sudah cukup, klik start untuk memulai reprogram IC controller flashdisk.
  • Tunggu hingga flashdisk selesai di reprogram.
  • Format ulang flashdisk menggunakan tool dari windows dengan cara klik kanan pada Removable Disk, lalu pilih Format.
  • Tunggu hingga proses selesai, maka flashdisk anda akan kembali normal.memperbaiki flashdisk

Mungkin itu adalah cara untuk memperbaiki flashdisk menurut linkcerdas.com dan jika tips ini bermanfaat untuk anda, silakan share artikel ini ke teman-teman kamu yang ada di facebook, twitter, Google Plus, atau yang lainnya dengan cara klik pada tombol dibawah.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

One thought on “Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

  1. heri says:

    thanks gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *